Inibaru.id – Sistem meteran listrik yang baru memang memberikan banyak kemudahan. Saat kuota listrik mau habis, kita tinggal membeli token listrik lalu menginput nomornya ke meteran listrik laiknya membeli pulsa telpon. Sayangnya, terkadang nomor token gagal diinput.
Kalau sudah begini, gimana solusinya? Sebagian orang mungkin bakal mencoba menginput ulang sampai berhasil. Namun, nggak jarang tulisan “GAGAL” di layar meteran terus muncul, yang menandakan bahwa proses pengisian nggak berhasil.
Nah, kalau kamu mengalami hal tersebut, jangan panik. Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah mengantisipasi hal ini, kok. Untuk pelanggan yang gagal menginput nomor token, kamu bisa langsung menghubungi PLN ke nomor 123.
Kalau kehabisan pulsa atau nggak memungkinkan untuk menelpon, kamu bisa mencari akun resmi PLN 123 di media sosial seperti Twitter, Instagram, atau Facebook. Melalui akun tersebut, kamu bisa langsung melaporkan apa yang dikeluhkan.
Siapkan Nomor Meteran Listrik
Saat kamu berhasil terhubung dengan nomor 123, pihak customer service PLN biasanya akan meminta informasi berupa nomor meteran listrikmu. Maka, siapkanlah nomornya, termasuk nomor token listrik yang gagal kamu masukkan.
Setelahnya, pihak PLN akan meminta nomor telepon, kalau bisa yang terkoneksi dengan Whatsapp, yang bisa mereka hubungi kalau sewaktu-waktu perlu perlu menghubungimu. Biasanya, nggak sampai 15 menit kamu bakal menerima pesan dari PLN sebagai bentuk respons.
Kalau nggak ada kejanggalan, PLN akan mengirimkan pesan berupa instruksi untuk menginput sederet nomor ke dalam meteran listrikmu sebanyak 4 kali. Eits, itu bukan nomor token, tapi semacam kode untuk mengembalikan meteran listrik di rumahmu yang sebelumnya bermasalah agar kembali normal.
Jika berhasil menginputnya dengan benar, seharusnya kamu sudah bisa menginput kembali nomor token listrik yang sebelumnya gagal kamu masukkan. Kalau berhasil, layar meteran listrik akan memunculkan tulisan “BENAR” berwarna hijau. Kalau dengan “GAGAL”, silakan hubungi PLN lagi.
Mengapa Gagal Menginput?
Ada sejumlah alasan kenapa kamu gagal menginput nomor token ke dalam meteran listrikmu. Menurut PLN, berikut adalah beberapa kemungkinan mengapa pelanggan nggak berhasil memasukkan nomor tersebut.
- Jika kamu memohon perubahan daya dan prosesnya belum selesai, besar kemungkinan nomor token listrik akan gagal diinput;
- Kamu melakukan kesalahan saat menginput nomor token listrik;
- Ada pembaruan atau update pada sistem meter prabayar; atau
- Ada masalah pada instalasi meteran listrik, yang biasanya ditandai dengan adanya tulisan “PERIKSA” pada layar meteran listrik.
Satu hal yang perlu kamu perhatikan. Saat kamu gagal menginput nomor token, jangan panik! Kesalahan bisa saja terjadi, tapi itulah gunanya customer service di sebuah perusahaan.
Asal dikomunikasikan dengan baik, pihak PLN pasti bersedia membantu kita nggak, sih? (Arie Widodo/E03)