Nggak Terpakai di Sini, Gedebog Pisang Dijual Mahal di Amerika Serikat

Nggak Terpakai di Sini, Gedebog Pisang Dijual Mahal di Amerika Serikat
Gedebog pisang alias batang pisang, ternyata dijual mahal di Amerika Serikat, lo. (Flickr/ bluelotus92)

Di Amerika Serikat, sepotong kecil gedebog pisang dihargai lumayan mahal, lo. Padahal, di Indonesia batang pisang jarang dipakai. Paling juga dipakai jadi mainan atau rakit. Kok bisa, ya?

Inibaru.id – Sebagai warga negara Indonesia yang ada di wilayah tropis, melihat batang atau gedebog pisang bukanlah hal yang aneh. Maklum, tanaman ini bisa dengan mudah tumbuh di pekarangan atau kebun-kebun dekat rumah. Nah, yang menarik, gedebog pisang yang nggak terpakai di sini ini ternyata bisa sampai dijual mahal di Amerika Serikat, lo. Kok bisa?

Pisang itu tanaman khas wilayah tropis. Nah, kalau Amerika Serikat, ada di wilayah sub-tropis. Jadi, hampir nggak mungkin kamu bisa menemukan pisang di sana. Alhasil, pisang harus diimpor dari luar negeri, deh.

Nggak hanya buahnya yang sulit ditemukan di Amerika Serikat, gedebog pisangnya, juga, lo, Millens. Kalau di sini sih, biasanya gedebog pisang nggak begitu berguna. Paling juga dijadikan mainan atau rakit bagi sejumlah orang. Nah, bagi orang Amerika Serikat, gedebog pisang ternyata merupakan barang yang penting, Millens.

Di sana, gedebog pisang disebut sebagai banana stem. Barang ini dijual di semacam supermarket bernama Hornbill Asian Market. Lokasi supermarket ini ada di negara bagian Iowa, tepatnya di kota Waterloo dan Dubuque. Nah, di sana, sepotong kecil gedebog pisang dihargai 5,95 US Dollar. Kalau di-Rupiahkan dengan nilai tukar sekarang, sekitar Rp 85 ribu.

Gedebog pisang ini dibungkus dengan plastic wrap agar nggak mudah terpapar kotoran. Dijualnya pun di dalam supermarket di bagian sayuran. Hal ini tentu sangat kontras ya dengan kondisi gedebog pisang di Indonesia yang seringkali dibiarkan di kebun-kebun atau pekarangan begitu saja.

Di Amerika Serikat, gedebog pisang berukuran kecil dihargai sekitar Rp 85 ribu. (Islampos)
Di Amerika Serikat, gedebog pisang berukuran kecil dihargai sekitar Rp 85 ribu. (Islampos)

Kok Bisa Mahal?

Kalau kamu penasaran mengapa gedebog pisang bisa sangat mahal di sana, jawabannya karena di Amerika Serikat memang sedang ngetren konsumsi makanan dan minuman sehat. Terkadang, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat makanan atau minuman itu juga nggak biasa, termasuk gedebog pisang ini.

Nah, yang menarik, gedebog pisang ini ternyata dijadikan jus, lo, Millens. Nggak percaya? Coba deh kamu cari informasi tentang banana stem juice. Pasti bakal terlampiaskan deh rasa penasaran kamu terkait hal ini.

Kabarnya, di dalam batang pisang ada sejumlah nutrisi sehat layaknya vitamin A, B, C, tanin, saponin, gula alami, kalium, dan lain-lain. Kalau rajin dikonsumsi, tentu bakal memberikan banyak manfaat bagi tubuh, Millens.

Olahan Gedebog Pisang di Indonesia

Sebenarnya sih, kalau soal mengonsumsi gedebog pisang, di Indonesia juga ada, Millens. Di Lombok, NTB, batang pisang muda dijadikan sayuran bernama Ares. DI Tana Toraja, Sulawesi Selatan, batang pisang mudah dikombinasikan dengan daging ayam dan menjadi makanan bernama Pa’Piong Bura’.

Hm, jadi penasaran ya, Millens. Kalau kita berbisnis batang alias gedebog pisang ke Amerika Serikat, bisa bikin kita jadi jutawan, nggak ya? (Boo/IB09/E05)