inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Nggak Banyak Makan Tapi Berat Badan Naik, Ini Penyebabnya
Minggu, 21 Jan 2024 18:37
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Berat badan naik meski sudah makan nggak banyak. (Hellosehat)

Ilustrasi: Berat badan naik meski sudah makan nggak banyak. (Hellosehat)

Ada banyak hal lain yang bisa bikin berat badan naik selain kebiasaan makan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Inibaru.id – Banyak orang yang mengeluhkan berat badan naik meski mereka sudah nggak banyak makan atau melakukan program diet yang cukup ketat. Nah ternyata, ada lo beberapa hal yang membuat berat badan nggak kunjung turun meskipun kamu sudah nggak banyak makan. Apa saja, ya?

1. Kurang tidur

Berat badan nggak hanya dipengaruhi oleh apa yang kamu makan atau seberapa banyak yang kamu makan. Kebiasaan tidurmu juga bisa memengaruhi hal ini, lo. Apalagi jika kamu terbiasa kurang tidur atau tidur terlalu larut.

Jadi begini, kalau kamu tidur kurang dari 7-8 jam setiap malam karena kebanyakan menggunakan peralatan elektronik atau mengalami masalah susah tidur, bakal berdampak pada meningkatnya hormon ghrelin.

Efek dari hal ini adalah membuat nafsu makanmu jadi meningkat. Kadar hormon leptin yang bisa membuat perutmu jadi mudah kenyang juga berkurang.

Selain jadi pengin makan dalam porsi besar, kamu juga jadi lebih sering pengin ngemil. Bahkan, pas tengah malam, kamu juga tetap pengin ngemil sesuatu.

Oleh karena itulah, ada baiknya kamu menjaga waktu tidurmu selama 7-8 jam setiap malam ya kalau pengin berat badanmu turun.

2. Stres

Stres bikin berat badan naik. (blog.ggl.life)
Stres bikin berat badan naik. (blog.ggl.life)

Nggak hanya kurang tidur, stress juga bisa bikin berat badan naik. Soalnya hal ini membuat tubuh mencari cara untuk membuatnya terasa lebih nyaman. Salah satunya adalah dengan meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan enak namun nggak sehat. Kalau kamu mengikuti keinginan tubuh ini, pada akhirnya berat badanmu jadi meningkat deh.

3. Asupan gula terlalu banyak

Masih banyak orang Indonesia yang nggak menyadari dampak dari asupan gula berlebihan. Maklum, di sini jajajan dan minuman manis bisa dengan mudah didapat di mana-mana. Kita juga sudah dibiasakan mengonsumsinya dan menganggap asalkan gula yang dipakai adalah gula asli, maka jajanan atau minuman itu aman dikonsumsi.

Padahal, gula juga bisa membuat berat badan naik. Oleh karena itulah, kamu harus mulai mengurangi asupan gula harianmu. Pastikan nggak sampai 50 gram setiap hari, ya.

4. Kebiasaan minum alkohol

Masih terbiasa minum alkohol? Siap-siap deh berat badan mudah naik. Soalnya, alkohol bisa membuat jumlah kalori harian yang kamu konsumsi meningkat. Efeknya tentu saja bikin berat badanmu naik deh.

Mengingat alkohol bisa memberikan dampak buruk lain bagi kesehatan, ada baiknya kamu berhenti meminumnya deh.

5. Jarang berolahraga

Kamu tipikal orang mager? Kalau iya, maka asupan kalori harianmu yang nggak dibakar dengan olah raga bakal diubah tubuh jadi lemak deh. Dampaknya, tentu saja bikin berat badanmu naik. Oleh karena itulah, kamu harus rajin berolahraga demi membakar tumpukan lemak tersebut.

Jadi, jangan cuma fokus mengurangi porsi atau frekuensi makan saja, ya. Perhatikan pula kebiasaan sehari-harimu lainnya kalau pengin berat badan turun. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved