inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Menilik Pohon-Pohon Langka di Lingkungan Keraton Yogyakarta
Minggu, 17 Des 2023 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pohon mangga cempuro, salah satu pohon langka di Keraton Yogyakarta. (Dinas Pertanian. Jogja Kota)

Pohon mangga cempuro, salah satu pohon langka di Keraton Yogyakarta. (Dinas Pertanian. Jogja Kota)

Ternyata, pohon-pohon di kompleks Keraton Yogyakarta banyak yang sudah berusia ratusan tahun dan nggak mudah ditemui di tempat lain, lo.

Inibaru.id – Nggak hanya bangunan keraton yang sudah eksis sejak ratusan tahun yang bikin kompleks Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman terlihat Istimewa. Di sana, juga ada banyak pohon langka yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun yang terlihat menarik, lo.

Salah satu pohon yang sudah cukup jarang ditemui di tempat lainnya adalah pohon mangga semar dan cempuro. Untungnya, berkat perawatan yang tepat, pohon-pohon tersebut tetap lestari hingga sekarang sehingga Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta bisa leluasa melakukan identifikasi tanaman-tanaman tersebut.

“Kita penginnya mempertahankan dan melestarikan tanaman ini karena juga sudah jadi ciri khas sekaligus identitas dari Kota Yogyakarta. Awalnya kita mulai di lingkungan Keraton Yogyakarta dan ke depannya bakal merambah di wilayah-wilayah lain di Kota Jogja,” jelas Kepala Bidang Pertanian DPP Kota Yogyakarta Eny Sulistyowati sebagaimana dilansir dari Kompas, Sabtu (16/12/2023).

Alasan untuk melakukan identifikasi ini adalah jika tanaman – tanaman yang selama ini dikenal hanya ada di Keraton Yogyakarta ternyata memang nggak ditemukan di tempat lain, maka tanaman tersebut bisa dilestarikan dan dirawat dengan lebih baik.

“Sampai sekarang sih belum menemukannya. Makanya kita berusaha untuk melestarikannya agar keturunan kita bisa melihat tanaman-tanaman langka ini di masa depan,” jelas Eny.

Proses identifikasi pohon langka di Keraton Yogyakarta. (Dok Pemkot Yogyakarta)
Proses identifikasi pohon langka di Keraton Yogyakarta. (Dok Pemkot Yogyakarta)

Kalau di area Keraton Yogyakarta ada mangga semar dan cempuro, lain lagi dengan di Puro Pakualaman. Di sana ada durian bangkok putih yang juga sudah sangat sulit ditemui di tempat lain. Sementara itu, di kompleks Tamansari, ada mangga menyan yang sudah harus segera diselamatkan. Ada juga alpukat suro yang hanya ditemui di Surokarsan dan Mergangsan.

Pihak peneliti dari DPP Kota Yogyakarta sudah mengambil sampel berupa batang pohon, dedauan, bunga, sampai buah dari pohon-pohon tersebut. Setelah itu, nantinya tanaman tersebut bakal disertifikasi.

Dengan adanya sertifikat tersebut, nantinya bibit-bibit baru bisa dikembangkan dan akhirnya bisa disebarkan ke sejumlah tempat yang dianggap ideal untuk pertumbuhan pohon-pohon tersebut.

Nantinya, pohon-pohon langka ini pun bakal bertambah jumlahnya dan akhirnya tetap lestari, deh. Tapi, untuk sekarang, kamu hanya bisa melihat pohon-pohon langka ini di kompleks Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman. Jadi, kapan kamu cus ke sana? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved