Mengukur Peluang Indonesia Bawa Pulang Piala Thomas

Mengukur Peluang Indonesia Bawa Pulang Piala Thomas
Kembali masuk ke babak final melawan India, peluang Indonesia menjuarai Piala Thomas 2022 terbuka. (Detik/Ritzau Scanpix/Claus Fisker via AP)

Pada Minggu (15/5/2022) nanti, Indonesia akan melawan India di babak final Piala Thomas. Meski lebih diunggulkan, India jelas nggak bisa disepelekan karena bertekad mencetak sejarah juara untuk kali pertama. Hm, seperti apa peluang kita?

Inibaru.id – Babak semi final Piala Thomas 2022 pada Jumat (13/5/2022) malam berlangsung dengan menegangkan. Dengan susah payah, Indonesia melaju ke babak final usai mengandaskan Jepang dengan skor 3-2. Hal ini membuat peluang Indonesia mempertahankan gelar juara Piala Thomas semakin terbuka.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan Mohamad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo menang dengan rubber game sehingga membuat Indonesia sempat unggul 2-0. Namun, semangat pantang menyerah khas Jepang membuat tim ini menyamakan kedudukan lewat kemenangan Kenta Nishimoto dan pasangan Akira Koga/Yuta Watanabe.

Beruntung, harapan terakhir Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito menuntaskan perlawanan Kodai Naraoka. Indonesia pun berhak untuk masuk ke babak final.

Yang menarik, lawan Indonesia bukanlah negara yang secara tradisi berprestasi di Piala Thomas, yaitu India. Meski begitu, India memang mengalami perkembangan bulu tangkis yang sangat pesat dalam beberapa waktu belakangan. Hal ini membuat kemenangan mereka di babak semi final melawan Denmark dengan skor 3-2 bukan hal yang mengherankan.

Peluang Merajai Thomas Cup

Kebahagiaan pemain India mencapai babak final Piala Thomas pertama dalam sejarah. (BWF)
Kebahagiaan pemain India mencapai babak final Piala Thomas pertama dalam sejarah. (BWF)

Hingga saat ini, Indonesia memang dikenal sebagai Raja Thomas Cup dengan koleksi 14 gelar. Hal ini tentu sangat kontras dengan India yang belum sekalipun mendapatkan gelar. Prestasi terbaik mereka hanyalah peringkat ketiga pada 1952 dan 1955. Bahkan, pada Piala Thomas 2020 yang digelar 2021 lalu, India sudah gugur di babak perempat final.

Meski begitu, India datang dengan pemain-pemain hebat. Penentu kemenangan India atas Denmark, Prannoy Haseena Sunil Kumar bahkan menempati peringkat 23 dunia. Tunggal putra andalan lainnya, Kidambi Srikanth memang kini berada di peringkat 11 dunia. Tapi, pada 2018 lalu, pernah menduduki peringkat 1 dunia, lo.

Tunggal lain yang patut diwaspadai adalah Lakshya Sen, peringkat 9 dunia. Sementara itu, di nomor ganda, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty adalah peringkat 8 dunia.

Indonesia memang lebih berpengalaman dalam menghadapi babak final. Secara peringkat, pemain tunggal dan ganda kita juga lebih baik. Meski begitu, kita harus benar-benar waspada dengan tekad pemain India yang tentu pengin mencetak sejarah sebagai pemenang Piala Thomas pertama dalam sejarah.

O ya, Millens, babak final Piala Thomas bakal digelar besok Minggu 15 Mei 2022 pukul 13.00 WIB di Arena Impact, Bangkok, Thailand. Semoga saja kita kembali membawa pulang Piala Thomas, ya? (Ini, Lip, Bwf/IB09/E05)