Bilqis Prasista, Atlet 'Pure Blood' Bulu Tangkis Indonesia yang Siap Melegenda

Bilqis Prasista, Atlet 'Pure Blood' Bulu Tangkis Indonesia yang Siap Melegenda
Bilqis Prasista mengalahkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022. (Antara/M Risyal Hidayat)

Meski Indonesia kalah dari Jepang 1-4 di pertandingan terakhir Grup A Piala Uber 2022, kemenangan satu-satunya yang didapat Bilqis Prasista atas Akane Yamaguchi jadi perbincangan. Maklum, usianya masih 19 tahun dan peringkatnya 333 dunia tapi mampu mengalahkan atlet nomor 1 dunia!

Inibaru.id – Pada pertandingan terakhir grup A Piala Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok Thailand, Indonesia memang dikalahkan Jepang 4-1. Tapi, satu-satunya kemenangan Indonesia yang didapat oleh atlet bulu tangkis tunggal putri berusia 19 tahun Bilqis Prasista jadi buah bibir. Banyak yang memprediksinya jadi bintang masa depan bulu tangkis Indonesia sekaligus kembali meningkatkan derajat tunggal putri yang seperti nggak bertaji sejak Susy Susanti pensiun.

Bilqis yang berperingkat 333 dunia turun di pertandingan pertama melawan tunggal putra nomor 1 dunia Akane Yamaguchi. Bukannya takut sebelum bertanding, dia malah tampil lepas dan membuat Akane pontang-panting. Bahkan, di game kedua, Bilqis sempat tertinggal cukup jauh hingga membalikkan keadaan sehingga menang dua game langsung dengan skor 21-19 dan 21-19.

Humas PP PBSI sempat mengungkap komentar Bilqis pertandingan. Tersirat jelas kepercayaan dirinya yang tinggi meski harus berhadapan dengan atlet yang jauh lebih superior darinya.

“Strategi saya membuat dia lari terus. Saya yang harus tahan,” ungkapnya sebagaimana ditulis di akun Twitter wartawan Jawapos Ainur rohman @ainurohman, hari ini, Rabu (11/5/2022).

Bilqis Prasista adalah putri dari legenda bulu tangkis Tanah Air Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. (Antara/M Risyal Hidayat)
Bilqis Prasista adalah putri dari legenda bulu tangkis Tanah Air Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. (Antara/M Risyal Hidayat)

‘Pure Blood’ Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Kalau kamu mengikuti film-film Harry Potter, pasti akrab dengan istilah ‘pure blood’. Istilah ini menunjukkan penyihir yang juga terlahir dari orang tua penyihir. Nah, Bilqis juga bisa dianggap sebagai ‘pure blood’ di dunia bulu tangkis Indonesia.

Maklum, dara kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 ini adalah anak dari legenda bulu tangkis Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Joko dikenal sebagai pemegang gelar juara dunia 1993. Sementara itu, Zelin merengkuh Piala Uber dua kali pada 1994 dan 1996.

Sebenarnya, sebelum jadi buah bibir di Piala Uber 2022, nama Bilqis sudah digadang-gadang bakal bersinar sebelumnya. Maklum, sejak 2020 dia sudah masuk pelatnas PBSI. Bahkan, baru-baru ini, dia juga membawa Indonesia jadi juara di BATC Malaysia 2022.

Kemenangan atas Akane Yamaguchi tentu jadi modal besar bagi Bilqis untuk semakin percaya diri dan meningkatkan kemampuannya. Semoga Bilqis dapat membuat tunggal putri bulu tangkis Indonesia kembali disegani di dunia, ya Millens. (Lip/IB09/E05)