Isu PPKM Se-Indonesia Berakhir Hari Ini, Luhut: Masih Lanjut!

Isu PPKM Se-Indonesia Berakhir Hari Ini, Luhut: Masih Lanjut!
Menteri Luhut Binsar Pandjaitan merespons isu PPKM se-Indonesia berakhir hari ini. (Medcom/Antara - Widodo Jusuf)

Muncul isu kalau PPKM se-Indonesia berakhir hari ini, Senin (9/5/2022) sesuai dengan tanggal terakhir dari ketentuan PPKM yang dikeluarkan pemerintah. Meski begitu, Menteri Luhut membantahnya dan menyebut PPKM masih bakal berlanjut.

Inibaru.id – Sejumlah media melaporkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) se-Indonesia berakhir hari ini. Tapi, hal ini langsung dibantah oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia mengatakan PPKM masih bakal diperpanjang.

Dia mengungkap hal ini usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pada hari ini, Senin (9/5/2022). Memang, masa kebijakan PPKM terakhir untuk wilayah Jawa – Bali serta luar kedua wilayah tersebut bakal berakhir hari ini. Tapi, bukan berarti PPKM nggak lanjut lagi.

“Pemerintah masih akan memberlakukan PPKM Jawa-Bali hingga waktu yang belum ditentukan,” jelas Luhut.

Meski begitu, Luhut juga memastikan kalau pemerintah terus memantau perkembangan terkini dari pandemi Covid-19 di Indonesia. Apalagi, masyarakat baru saja menjalani arus perpindahan puluhan juta orang selama mudik Lebaran. Perkembangan kasus Covid-19 ke depannya bakal jadi penentu seperti apa kebijakan yang diambil pemerintah.

Omong-omong ya, ketentuan PPKM Jawa-Bali terakhir ditetapkan pada 19 April lalu. Sementara itu, ketentuan PPKM luar Jawa-Bali terakhir ditetapkan pada 26 April. Semua ketentuan ini berakhir pada hari ini, Senin (9/5).

Pemerintah menyebut PPKM masih bakal dilanjutkan sembari melihat kondisi terkini pandemi Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Pemerintah menyebut PPKM masih bakal dilanjutkan sembari melihat kondisi terkini pandemi Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Dalam ketentuan tersebut, nggak ada satu pun kota atau kabupaten di dalam wilayah Jawa-Bali yang masuk level 4. Bahkan, untuk level 3 saja tinggal 2 wilayah. Sementara itu, 29 kabupaten/kota menerapkan status level 1 dan 97 kabupaten/kota menetapkan status PPKM level 2.

Hal yang mirip terjadi pada ketentuan PPKM terakhir di luar Jawa-Bali. Nggak ada satu wilayah pun yang menerapkan PPKM level 4. Meski begitu, masih ada 39 daerah dengan level 3, 216 daerah berstatus level 2, dan 131 daerah yang menetapkan PPKM level 1.

Jika menilik kasus Covid-19 di Indonesia, per Minggu (8/5) sore, kasus aktifnya memang masih 6.192 alias menurun 235 kasus dari hari sebelumnya. Penularannya juga tergolong rendah karena hanya bertambah 227 orang. Jumlah kematian juga bertambah 10 orang pada hari tersebut.

Memang, kasusnya cenderung melandai. Masyarakat juga sudah semakin banyak beraktivitas di luar ruangan seperti sebelum pandemi. Meski begitu, bukan berarti PPKM se-Indonesia berakhir begitu saja, ya, Millens. Kita tunggu saja deh seperti apa kebijakan pemerintah berikutnya sekaligus berharap jika tren positif pandemi ini terus berlanjut. (Cnb, Det, Nui/IB09/E05)