inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengenal 6 Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Bisa Kirim Foto HD
Rabu, 30 Agu 2023 17:08
Penulis:
Bagikan:
Fitur baru Whatsapp, bisa edit pesan. (WhatsApp)

Fitur baru Whatsapp, bisa edit pesan. (WhatsApp)

Fitur baru WhatsApp memungkinkanmu mengedit pesan, mengirim gambar berkualitas HD, berbagi layar, dan lain-lain. Seperti apa ya fitur-fitur tersebut?

Inibaru.id – Begitu dirilis pada Januari 2009, WhatsApp segera menjadi salah satu aplikasi perpesanan dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Per Februari 2020 lalu saja, setidaknya sudah ada dua miliar penggunanya di seluruh dunia.

Menjadi salah satu platform terpenting saat ini, bukan berarti WhatsApp nggak punya celah. Sejumlah keluhan acap terlontar dari para pengguna aplikasi ini, misalnya fitur edit pesan yang nggak ada dan pengiriman gambar yang nggak bisa kualitas HD.

Merespons keluhan-keluhan tersebut, tahun ini WhatsApp mulai membuat sejumlah perbaikan. Pada Mei 2013 lalu, mereka telah menambahkan fitur "edit pesan". Hingga Agustus ini, sekurangnya sudah ada enam fitur baru yang ditawarkan platform berusia 14 tahun itu, termasuk edit pesan.

Keberadaan fitur-fitur ini tentu kian memperbaiki kualitas aplikasi perpesanan dan media sosial ini. Berikut adalah perbaikan dari WhatsApp yang dijamin bakal semakin mengikat para user untuk terus menggunakannya!

Fitur Baru WhatsApp

WA juga kini menyediakan opsi mengirim foto HD. (FB/Mark Zuckerberg)
WA juga kini menyediakan opsi mengirim foto HD. (FB/Mark Zuckerberg)

1. Mengedit chat

Sebagaimana ditulis sebelumnya, fitur yang memungkinkanmu memperbaiki pesan yang sudah terkirim ini sudah bisa digunakan sejak Mei 2023. Cara pakainya pun mudah, yakni kita tinggal menekan pesan yang pengin kamu edit selama beberapa detik.

Saat kamu tekan untuk waktu tertentu, pesan akan terseleksi. Lalu, pencet titik tiga pada pojok kanan atas layar hingga muncul beberapa pilihan menu, salah satunya ‘Edit’. Setelah mengekliknya, kamu bisa mengedit pesan yang terseleksi itu.

Oya, fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang terkirim nggak lebih dari 15 menit. Kalau lebih dari itu, pesannya nggak bisa diedit.

2. Opsi kirim foto HD

Dirilis pada Juni lalu, fitur ini memungkinkan kamu mengirim foto berukuran HD; fasilitas yang sebelumnya nggak tersedia pada aplikasi ini. Sebelumnya, setiap foto yang kita kirim lewat WhatsApp akan dikompres sehingga resolusinya berkurang, kadang sampai membuatnya jadi buram.

Namun, fitur ini baru dibagikan secara bertahap, ya. Jadi, untuk sekarang, belum semua pengguna WhatsApp bisa memakainya.

3. Chat yang bisa dikunci

Kamu pengin menyimpan sebuah chat agar nggak bisa dibaca orang lain? WhatsApp kini menyediakan fitur “Locked Chat”. Chat yang digembok ini hanya bisa dibuka dengan sistem keamanan yang tersedia di ponsel tersebut seperti pin, garis pola, sidik jari, atau pemindai wajah.

4. Satu akun di ponsel berbeda

Fitur ini disebut Companion Mode; yang memungkinkan akun WhatsApp kita ditampilkan di empat gawai berbeda. Cara penggunaannya nggak jauh berbeda dengan WhatsApp Web.

5. Membagikan tampilan

Fitur yang disebut Share Screen ini memungkinkan WhatsApp-mu melakukan panggilan video sekaligus berbagi tampilan layarnya ke pengguna lain. Fitur yang mirip dengan fungsi Zoom ini bisa dipakai dalam panggilan video personal maupun grup. Cocok buat rapat online, nih!

6. Menyimpan pesan penting

Dikenal sebagai Keep in Chat, fitur dirilis pada April lalu tersebut memungkinkan kia mem-bookmark alias menyimpan sebuah pesan WhatsApp yang dikirim dengan mode Pesan Semantara atau Dissapearing Message. Jadi, kalau nggak pengin pesan itu hilang begitu saja, gunakan saja fitur ini.

Dari semua fitur terbaru WhatsApp yang tersedia, apakah kamu sudah pernah memakai semuanya, Millens? (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved