inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa Setir Mobil Bundar?
Rabu, 24 Jul 2024 14:00
Penulis:
Bagikan:
Setir mobil bundar sudah ditemukan sejak 1884. (Pixabay/Evalopezs)

Setir mobil bundar sudah ditemukan sejak 1884. (Pixabay/Evalopezs)

Setir mobil berbentuk bundar sementara setir sepeda motor atau bahkan bemo lurus, kenapa? Ternyata ada alasannya.

Inibaru.id – Jika dibandingkan dengan sepeda motor yang baru mulai dikembangkan pada 1868, mobil sudah dikembangkan jauh lebih lama, yaitu pada 1769. Tapi, bentuk pengendali dari kedua jenis kendaraan ini sangatlah berbeda. Jika sepeda motor memakai tongkat setang untuk mengendalikan arah gerak, mobil menggunakan setir bundar. Penasaran nggak alasan mengapa setir mobil bundar?

Beda dengan setang sepeda motor yang cenderung terus sama semenjak kali pertama dibuat, alat pengendali mobil berkali-kali mengalami perubahan sebelum 1884. Sebelum tahun tersebut, pengendalinya bahkan mirip dengan tuas kendali perahu bernama tiller.

Alat ini dipakai saat mobil belum bisa melaju kencang seperti sekarang sehingga nggak menyulitkan siapa saja untuk mengendalikan mobil di jalanan. Masalahnya, mobil jadi sulit diatur saat harus parkir di tempat yang cenderung seempit.

Barulah pada 1884, Alfred Vacheron mencetuskan penggunaan setir mobil bundar. Dia menempatkan setir ini di sebuah mobil dengan jenama Panhard yang memakai mesin Daimler saat mengikuti ajang balapan dari Paris ke Rouen yang berjarak sekitar 135 kilometer. Alasan mengapa dia memilih setir mobil bundar karena membuat mobil jadi mudah dikendalikan, mudah digenggam, dan bisa diproduksi dengan biaya murah.

Tiller, setir mobil lama sebelum ditemukan setir mobil bundar. (Yahoo/Ronan Glon)
Tiller, setir mobil lama sebelum ditemukan setir mobil bundar. (Yahoo/Ronan Glon)

Bedanya dengan setir mobil zaman sekarang, setir zaman dahulu cenderung tinggi layaknya setir pada bus atau truk besar. Alhasil, jok pengemudi juga dibuat lebih tinggi dari tempat duduk penumpang. Meski begitu, Alfred mengaku setir ini sangat memudahkannya mengendalikan mobil pada ajang balapan tersebut.

Mengetahui hal ini, sejumlah produsen mobil lain pun langsung mencoba setir bundar tersebut. Charles Stewart Rolls dari Rolls-Royce yang juga sempat menjajal mobil Panhard jadi salah satu yang langsung menerapkannya.

Pengembangan setir mobil bundar terus dilakukan sampai 1899 sampai ditemukan cikal bakal setir mobil modern. Alasan pengembangan ini demi menemukan sudut lingkar terbaik bagi tangan agar nggak perlu sampai membuat tangan menyilang saat menikung atau memutar balik kendaraan.

Keberadaan garis lurus pada setir mobil juga dibuat untuk memastikan pengemudi jadi tahu seperti apa arah roda saat kendaraan melaju ataupun berhenti. Hal inilah yang membuat mobil bisa dikendalikan dengan seimbang di jalan raya.

Kini, kebanyakan mobil sudah dilengkapi power steering yang memakai sistem hidrolik. Sistem ini membuat kendali mobil jadi nggak seberat dulu. Yang pasti, berkat penemuan setir mobil bundar ini, kini kita jadi lebih mudah mengendalikannya di jalan raya, ya, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

OSC MEDCOM
inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved