Inibaru.id - Kontras antara minyak jelantah, limbah dapur yang sering dibuang sembarangan, dengan bahan bakar jet bertenaga tinggi mungkin terdengar seperti fiksi. Namun, pada Maret 2026, fiksi itu akan menjadi kenyataan.
Jadi, pemerintah Indonesia melalui Pertamina merencanakan uji coba produksi Sustainable Aviation Fuel (SAF) dari Used Cooking Oil (UCO) di Kilang Balongan, melanjutkan jejak sukses Kilang Cilacap sebelumnya. Inisiatif ini adalah langkah penting Indonesia menuju target Net Zero Emission 2060. Pertanyaan terbesarnya, benarkah bahan bakar ini benar-benar ramah lingkungan, atau hanya sekadar wacana hijau?
Jawabannya, menurut studi kelayakan dan analisis siklus hidup global, adalah ya. SAF berbasis UCO ini memiliki potensi mereduksi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) hingga 80% dibandingkan avtur konvensional yang berasal dari fosil. Keunggulan utamanya terletak pada bahan bakunya sendiri. Minyak jelantah dikategorikan sebagai limbah lemak, atau next-generation feedstock.
Dalam perspektif Analisis Siklus Hidup (Life Cycle Assessment / LCA), menggunakan limbah secara dramatis mengurangi jejak karbon karena ia menghilangkan kekhawatiran terkait alih fungsi lahan (Land Use Change) yang menghantui bahan bakar berbasis minyak nabati murni. Para pakar pun menilai jelantah dan limbah lemak adalah pilihan biomassa terbaik untuk bioavtur karena nggak bersaing dengan ketahanan pangan. Itu idealnya.
Lebih dari sekadar mengurangi emisi penerbangan, program ini juga secara efektif menyelesaikan masalah lingkungan domestik. Pemanfaatan UCO mendorong ekonomi sirkular dan mengatasi limbah jelantah yang selama ini dibuang sembarangan, yang dapat mencemari perairan, meningkatkan kadar Chemical Oxygen Demand (COD) dan Biological Oxygen Demand (BOD), serta membahayakan ekosistem.
Transisi energi ini bukan tanpa dasar. Pengembangan SAF Pertamina sudah dimulai sejak 2020. Setelah sukses memproduksi Bioavtur J2.4 (2.4% campuran sawit) yang diuji coba pada penerbangan komersial Garuda Boeing 737-800 pada 2023 , fokus kini beralih ke UCO. Proses konversi ini menggunakan teknologi canggih Hydro-processed Esters and Fatty Acids (HEFA) yang mengubah limbah menjadi senyawa hidrokarbon berkualitas tinggi setara avtur. Pada Kuartal IV 2026, Kilang Cilacap Fase II juga diharapkan beroperasi, menambah kapasitas produksi hingga 132.000 ton per tahun SAF dari UCO dan limbah sawit lainnya.
Meskipun teknologi dan kapasitas kilang sudah menunjukkan kesiapan, tantangan utama ada di sektor hulu. Indonesia memiliki potensi besar, diperkirakan mampu mengumpulkan 715 kiloton jelantah per tahun, namun tingkat pengumpulan domestik saat ini masih sangat rendah, hanya sekitar 20% hingga 40%. Ironisnya, Indonesia justru menjadi pengekspor besar UCO ke pasar global, di mana permintaan SAF di luar negeri jauh lebih tinggi.
Untuk memastikan pasokan domestik stabil bagi Kilang Balongan 2026 dan memenuhi target mandat 1% SAF yang direncanakan pada 2027, pemerintah harus mengambil langkah berani. Solusinya melibatkan sentralisasi regulasi pengumpulan dan pembentukan Dana Minyak Jelantah (UCO Fund). Dana ini, yang dapat didanai dari peningkatan tarif pungutan ekspor UCO di atas $150 per ton, akan digunakan untuk mensubsidi harga SAF domestik agar setara dengan avtur fosil, sekaligus memberi insentif kepada masyarakat untuk mengumpulkan jelantah.
Pemanfaatan minyak jelantah menjadi SAF adalah kemenangan ganda. Ia adalah solusi limbah yang memberdayakan ekonomi sirkular lokal sekaligus kunci untuk kemandirian energi dan dekarbonisasi penerbangan nasional. Dengan dukungan kebijakan yang tepat untuk mengamankan pasokan UCO, asa Indonesia untuk menjadi pemain kunci industri penerbangan hijau global bukanlah sekadar impian, melainkan landasan terbang yang nyata.
Namun, rencana ini nggak otomatis melegalkan deforestasi demi menanam sawit, apalagi kamu sampai over mengonsumsi gorengan ya, Gez! (Siti Zumrokhatun/E05)
