Masyarakat Yakini Air Sumur Tua Kelenteng Hok Tek Bio di Jepara Memberikan Berkah

Masyarakat Yakini Air Sumur Tua Kelenteng Hok Tek Bio di Jepara Memberikan Berkah
Kelenteng Hok Tek Bio di Kecamatan Welahan, Jepara miliki sumur tua yang airnya dipercaya mendatangkan rezeki. (Wikipedia/Minky Avelin)

Di komplek bangunan Kelenteng Hok Tek Bio yang ada di Kecamatan Welahan, Jepara, ada sumur tua yang diyakini masyarakat berkhasiat.

Inibaru.id – Kalau kamu berada di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, coba deh mampir ke Kelenteng Hok Tek Bio. Di kelenteng ini, ada sumur tua yang dipercaya warga sekitar memiliki air berkhasiat. Konon, selain dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, air dari sumur tersebut juga dipercaya mendatangkan rezeki.

Sumur tua ini ada di bawah tempat arca Dewa Bumi disimpan. Kamu bisa kok mendapatkannya tanpa membayar sepeser pun. Tapi, harus minta izin dulu sama pengelola kelentengnya, ya?

“Di Hok Tek Bio, ada sumur tua yang lebih tua (usianya) dari kelenteng,” cerita Ketua Yayasan Kelenteng Welahan Sugandi, Selasa (13/2/2018).

Konon, air di sumur tua ini nggak pernah surut dan selalu jernih hingga sekarang. Warga sekitar pun sering mengambil airnya untuk berbagai keperluan. Misalnya keinginan panen melimpah, sukses usaha, atau sembuh dari penyakit. 

“Saya nggak bilang untuk menyembuhkan, tapi airnya sering dijadikan doa orang sakit agar bisa sembuh. Ya diyakini berkhasiat,” lanjut Sugandi.

Umur sumur lebih tua ketimbang Kelenteng Hok Tek Bio. (Radar Kudus/Nibros Hassani)
Umur sumur lebih tua ketimbang Kelenteng Hok Tek Bio. (Radar Kudus/Nibros Hassani)

Sumur di kelenteng ini masih terawat dengan baik. Bibir sumur yang sejajar dengan lantai sudah diberi keramik sehingga tidak terlihat kumuh. Ada juga jaring penutup yang bisa mencegah masuknya sampah atau kotoran.

“Airnya masih bersih, bening, dan tidak bau. Selain itu, tidak pernah surut,” kata Sugandi.

Selain miliki sumur tua, Kelenteng Hok Tek Bio juga mempunyai tradisi unik yang sampai sekarang masih dijalankan, yaitu melarung abu ke sungai menjelang perayaan Tahun Baru Imlek.

Ada alasan mengapa sisa abu dilarung ke sungai dekat kelenteng. Jemaah kelenteng meyakini tindakan ini bisa mencegah datangnya banjir. Selain itu, mereka juga yakin jika abu tersebut memasuki saluran irigasi dan membantu tanah pertanian jadi lebih subur.

Oia Millens, jika kamu mencari potret toleransi, bisa jadi salah satu contohnya ada di Kelenteng Hok Tek Bio. Biasanya, menyambut Imlek kelenteng akan dibersihkan. Nah, tim bersih-bersih nggak hanya jemaah dan pengurus kelentang saja. lo. Ada juga sejumlah warga lokal dan warga yang sengaja datang jauh-jauh dari Jakarta.

“Semua komplek kelenteng (dibersihkan) termasuk arca dan tempat abu yongsua,” jelas Sugandi.

Nah, kalau berkesempatan datang ke Welahan, Jepara coba mampirlah ke kelenteng Hok Tek Bio untuk melihat sumur tua, tradisi yang masih bertahan, dan hangatnya masyarakat yang hidup berdampingan.  (Det/IB09/E10)