Manggung di Jerman, Begini Pengalaman Lucu dan Seru Nasida Ria

Manggung di Jerman, Begini Pengalaman Lucu dan Seru Nasida Ria
Nasida Ria saat tampil di Jerman. (IG/Nasida Ria)

Grup musik kasidah asli Semarang Nasida Ria kembali bikin heboh. Bagaimana nggak, Nasida Ria bisa manggung di Jerman dan mendapatkan sambutan penonton, lo. Seperti apa ya cerita mereka saat berada di sana?

Inibaru.id – Penampilan grup musik Kasidah Nasida Ria di Jerman langsung jadi buah bibir warganet Tanah Air. Bagaimana nggak, ibu-ibu luar biasa ini tampil di Eropa dengan musik yang sangat khas Indonesia. Seperti apa ya pengalaman mereka selama di sana?

Sebenarnya sih ya, ini bukanlah kali pertama Nasida Ria tampil di luar negeri. Di Jerman, ini adalah pengalaman ketiga kalinya mereka tampil di sana. Sebelum 2022, mereka juga manggung pada 1994 dan 1996.

Meski begitu, tetap saja, budaya dan kehidupan sehari-hari di luar negeri berbeda dari Indonesia. Personel Nasida Ria pun tetap harus menyesuaikan diri, khususnya dalam hal apa yang dimakan dan diminum sehari-hari. Apalagi, mereka cukup lama berada di Jerman, yaitu 16 Juni sampai 25 Juni 2022.

“Kami butuh penyesuaian di Jerman seperti kami harus makan roti bukan nasi. Kemudian air minum juga langsung dari keran,” cerita Manajer Nasida Ria Generasi 3 Zuhad Mahdi, Selasa (21/6/2022).

Selama di sana, Nasida Ria nggak hanya manggung di event Documenta Fifteen yang digelar di Kassel, Jerman pada Sabtu (18/6). Mereka juga bakal memenuhi sejumlah undangan.

“Selain konser, kami lakukan kunjungan ke kediaman Konsulat Jenderal di sini. Acara lain masih bersifat rahasia,” lanjut Zuhad.

Penampilan Nasida Ria di Jerman.(IG/Nasida Ria)
Penampilan Nasida Ria di Jerman.(IG/Nasida Ria)

Sudah Diundang Sejak Dua Tahun Lalu

Terkait dengan video dan foto-foto konser Nasida Ria di Jerman yang bikin heboh, Zuhad pun menjelaskan kalau kedatangan mereka karena diundang oleh kurator event tersebut.

“Undangan acara itu datang dua tahun lalu. Sempat ada Covid-19 memang, tapi acara tetap dilangsungkan tahun ini, bahkan dipercepat,” jelas Zuhad.

Selama manggung, terlihat penonton yang merupakan warga lokal Jerman ataupun warga Indonesia yang tinggal di sana sangat menikmati lagu-lagu kasidah legendaris dari Nasida Ria seperti Perdamaian, Kota Santri, Bom Nuklir, dan lain-lain. Total, sembilan lagu dibawakan dalam waktu satu jam, Millens.

Nah, biar penonton asal Jerman juga paham dengan lirik lagu Nasida Ria, saat manggung, ada layar yang menayangkan terjemahan dalam Bahasa Inggris. Jadi, tujuan dakwah lewat lagu Nasida Ria juga bisa tersampaikan.

Penampilan Nasida Ria yang memukau pun membuat banyak warga Jerman ikut bergoyang mengiringi alunan lagu. Bahkan, saat penampilan mereka selesai, penonton meminta Nasida Ria untuk manggung lagi di Jerman di masa depan.

“Alhamdulillah kemarin itu luar biasa ya. Kami merasakan nikmatnya menyaksikan orang yang suka banget dengan penampilan Nasida Ria,” ujar Hj. Rien Djamain, pentolan grup musik ini, Selasa (21/6).

Memang luar biasa ya penampilan grup legendaris Nasida Ria ini, ya Millens? (Det, Tri, Cnn/IB09/E05)