Makam Dasamuka Ada di Kawah Gunung Ungaran?

Makam Dasamuka Ada di Kawah Gunung Ungaran?
Konon, di kawah Gunung Ungaran, ada makam Dasamuka.  (Flickr/andreakirkby)

Gunung Ungaran menyimpan cerita rakyatnya sendiri. Salah satu yang paling terkenal adalah adanya makam Dasamuka di Kawah Gedongsongo. Menariknya, katanya Dasamuka ini nggak benar-benar meninggal dan bisa bangkit kembali, lo. Hiii.

Inibaru.id – Bukan Indonesia namanya kalau nggak ada cerita rakyat di balik suatu wilayah. Nah, kali ini, kita akan membahas salah satu gunung di Jawa Tengah, yakni Gunung Ungaran. Kabarnya, makam Dasamuka ada di kawah Gunung Ungaran, lo. Beneran nggak, sih?

Kalau kamu nggak tahu siapa itu Dasamuka. Di cerita pewayangan Tanah Air, juga dikenal dengan nama Rahwana. Kalau yang ini pasti pernah mendengarnya, kan? Yap, kalau ada cerita soal Rama, Shinta, dan Hanoman, nama Rahwana atau Dasamuka ini pasti disebut sebagai tokoh antagonisnya, Millens.

Dalam cerita Ramayana ini, disebutkan kalau Dasamuka merebut Dewi Sinta, pasangan dari Rama. Rama yang berusaha mendapatkan kembali Dewi Sinta sebenarnya kewalahan karena Dasamuka, yang artinya punya muka sangat banyak sulit diserang dengan senjata apapun. Kemudian datanglah dari Hanoman.

Dengan kekuatannya, Hanoman kemudian mengangkat gunung dan menimpakannya ke tubuh Dasamuka hingga dia tak berdaya. Dasamuka yang sakti memang nggak bisa mati, namun tak kuasa menahan berat gunung yang menimpanya. Nah, konon, gunung yang menindih tubuh Dasamuka ini adalah Gunung Ungaran.

Hanoman kemudian menepi ke Gunung Telomoyo yang berada di tenggara Gunung Ungaran, tepatnya di dekat Salatiga untuk terus mengawasi Gunung Ungaran dan Dasamuka kalau saja nanti bangkit kembali.

Kawah Gedongsongo konon jadi penanda makam Dasamuka. (menggapaiangkasa)
Kawah Gedongsongo konon jadi penanda makam Dasamuka. (menggapaiangkasa)

Masyarakat setempat menyebut Dasamuka suka minum minuman keras dan jika mencium aromanya dari orang-orang yang meminumnya di lereng Gunung Ungaran, maka kekuatannya lambat laun bisa pulih sehingga akhirnya bisa bangkit.

Nah, di Gunung Ungaran, makam Dasamuka ini kabarnya ada di salah satu dari tiga kawah gunung ini. Yap, kalau kamu mengira gunung ini sudah nggak aktif, hal ini nggak tepat. Gunung ini hanya tidur, seperti legenda Dasamuka yang belum mati ditindih gunung ini, Millens.

Kawah yang dimaksud adalah yang ada di dalam kompleks Candi Gedong Songo. Kawah ini memang berukuran kecil namun sering mengeluarkan asap dan aroma belerang yang pekat. Karena nggak ingin Dasamuka bangkit, warga di sekitar Gedong Songo pun nggak berani minum-minuman keras Millens.

Ironisnya, nggak jauh dari kawasan Gedong Songo, di kawasan Bandungan tepatnya, justru dikenal luas masyarakat Semarang dan sekitarnya sebagai kawasan wisata malam. Di sini, minuman keras juga bukan hal yang sulit untuk ditemukan. Hm, kok pada nggak takut ya nanti kalau Dasamuka beneran bangkit karena sering mencium aromanya?

Kalau kamu, percaya nggak makam Dasamuka itu ada di kawah Gunung Ungaran, Millens?  (Oke, Way/IB09/E05)