inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Lampu Merah di Himakajima, Harus Menunggu Setahun untuk Ganti Hijau
Kamis, 6 Jun 2024 11:10
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Lampu lalu lintas di Himakajima, Jepang, bisa menyala merah sampai setahun penuh.

Lampu lalu lintas di Himakajima, Jepang, bisa menyala merah sampai setahun penuh.

Setiap 21 Mei, lampu lalu lintas di Himakajima berfungsi dengan normal. Tapi, selain tanggal tersebut, selama setahun penuh nyalanya hanya merah. Kok bisa, ya?

Inibaru.id – Di Indonesia, lampu lalu lintas alias lampu merah terlama bisa kamu temui di Simpang Kiaracondong – Soekarno Hatta yang ada di Bandung. Durasi lampu merahnya mencapai 720 detik atau 12 menit. Tapi, lamanya lampu merah ini nggak ada apa-apanya dengan lampu merah di Himakajima, Jepang yang sampai setahun! Yap, kamu nggak salah baca, Millens. Lampunya baru berubah jadi hijau setelah satu tahun penuh berwarna merah, lo.

Himakajima adalah sebuah pulau yang berada di Teluk Mikawa, Prefektur Aichi, nggak jauh dari Semenanjung Chita. Secara administrasi, pulau ini masih di bawah pemerintahan Kota Minamichita dan berjarak kurang lebih 67 kilometer ke arah selatan dari kota besar terdekat, Nagoya. Populasinya nggak sampai 1.700 jiwa.

Ukuran pulau yang sering dijadikan jujugan wisata karena pantainya yang cantik ini hanyalah 0,75 kilometer persegi. Saking kecilnya pulau dan sedikitnya warga, wajar jika di sana lalu lintas nggak padat. Lampu merah pun hanya satu, yaitu yang berada di dekat Himakajima East Port/Higashi Port. Yap, traffic light itulah yang warna merahnya bisa menyala setahun penuh.

Lantas, kapan lampu merahnya berubah jadi hijau? Hal ini hanya terjadi pada 21 Mei. Itu pun terus bergantian dengan lampu merah dan kuning selama seharian. Penasaran nggak mengapa hanya pada hari itu saja lampu lalu lintasnya berjalan dengan normal?

Siswa belajar aturan lalu lintas di lampu lalu lintas satu-satunya yang ada di Himakajima. (Ashahi Shimbun/Misato Nara)
Siswa belajar aturan lalu lintas di lampu lalu lintas satu-satunya yang ada di Himakajima. (Ashahi Shimbun/Misato Nara)

Hal ini ternyata adalah upaya dari pemerintah setempat untuk memberikan edukasi bagi anak-anak di Himakajima. Pada hari itulah, anak-anak dan guru sekolah belajar peraturan lalu lintas, termasuk tentang lampu lalu lintas. Dengan pengetahuan ini, anak-anak di Himakajima jadi mengetahui dasar lalu lintas yang berlaku ‘normal’ di wilayah lain. Jadi, mereka nggak bingung saat berada di wilayah-wilayah lain.

Pada 21 Mei 2024 lalu, setidaknya 30 siswa dari kelas tiga dan lima dari SD Himaka berjalan kaki di perempatan tersebut di bawah pengawasan Himaka Traffic Safety Association. Nah, merekalah yang berkesempatan belajar tentang peraturan lalu lintas pada tahun ini.

“Di sini, kami nggak terbiasa dengan lampu merah karena lalu lintasnya nggak ramai. Jadi, 30 tahun lalu, kami terpikir untuk benar-benar memasang lampu lalu lintas untuk keperluan edukasi aturan lalu lintas,” ucap pemimpin asosiasi tersebut Kazuo Sugiora (75) sebagaimana dilansir dari Ashahi Shimbun, Rabu (22/5/2024).

Setelah hari tersebut, lampu lalu lintasnya bakal kembali berwarna merah selama setahun penuh dan baru akan kembali berfungsi dengan normal pada 21 Mei 2025 nanti. Terpikir untuk datang ke sana melihat keunikan lampu merah ini, Millens? (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved