BerandaHits
Minggu, 8 Jan 2023 09:21

Laba-laba Menjaga Keberlangsungan Hidup Ras Manusia

Laba-laba Menjaga Keberlangsungan Hidup Ras Manusia

Laba-laba yang bermunculan di rumah jarang mengganggu orang. (Shutterstock/Charlotte Bleijenberg) via Kompas)

Keberadaan laba-laba mungkin nggak bikin kamu senang. Sebaliknya, banyak orang mencoba berbagai cara untuk menyingkirkannya. Tapi, coba deh kamu simak manfaat laba-laba di bawah ini!

Inibaru.id – Memiliki penampilan yang menyeramkan, laba-laba sering ditakuti. Banyak orang khawatir jika nanti digigit.

Padahal, laba-laba terbilang jarang menyerang manusia. Ia hanya menyerang jika diganggu duluan.

Lagi pula, hanya sekitar 10 persen gigitan laba-laba yang menyebabkan lesi pada kulit. Sebagai informasi, laba-laba yang suka menggigit itu bukanlah laba-laba cokelat yang kerap ada di rumah, lo. Jadi, kamu nggak perlu khawatir berlebihan.

Membahas mengenai laba-laba, tahukah kamu kalau hewan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita? Untuk lebih jelasnya, simak yuk tujuh manfaat laba-laba di bawah ini!

1. Memakan hama

Laba-laba suka memakan hama yang ada di rumah seperti kecoa, lalat, nyamuk, dan kutu. Bisa dibilang, hewan dengan nama ilmiah Araneae ini pembasmi hama yang nggak diinginkan di rumah. Kamu jadi nggak perlu khawatir mengenai keberadaan mereka lagi deh!

2. Mencegah penyebaran penyakit

Penyakit pes dapat dicegah. (via Grid)
Penyakit pes dapat dicegah. (via Grid)

Manfaat lain keberadaan laba-laba di rumah adalah mencegah penyebaran penyakit. Kamu tahu sendiri kan kalau beberapa hama bisa menyebarkan penyakit seperti kutu. Bila ada laba-laba di rumah, kutu penyebab tifus atau pes bisa dicegah.

3. Jarang menyerang manusia

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, laba-laba cukup jarang menyerang manusia. Ia bakal menyerang jika merasa terancam. Jadi, nggak usah panik ya ketika melihat laba-laba.

Sebagaimana yang dikutip dari National Geographic, laba-laba janda hitam (black widow) hanya akan menggigit untuk membela diri. Selebihnya, mereka bakal hidup dalam damai.

4. Racun laba-laba bisa jadi obat

Tahukah kamu kalau racun dari laba-laba janda hitam dapat menyebabkan nyeri otot, mual, kelumpuhan diafragma, dan dapat menyebabkan kematian?

Eits, jangan bergidik dulu. Racun laba-laba ini juga dapat mengobati beberapa masalah kesehatan. Mengutip Kompas (5/1), para ilmuwan di Chili menggali potensi racun laba-laba tersebut dalam pengobatan disfungsi ereksi dan sebagai pil kontrasepsi pria.

5. Sutra laba-laba bisa dijadikan bahan rompi

Meskipun jaring laba-laba terlihat rapuh, namun jangan ragukan kekuatannya ya. Parasut dan rompi antipeluru dapat dibuat dari jaring ini lo. Wah, nggak heran deh jika Spiderman memiliki kekuatan berupa jaring ajaib.

6. Simbol keberuntungan

Percaya nggak percaya, laba-laba dianggap membawa keberuntungan. Dalam budaya Tiongkok kuno, laba-laba disebut ximu atau serangga bahagia. Katanya, kalau kejatuhan laba-laba dari langit-langit, kamu bakal mendapatkan keberuntungan.

7. Berdampak positif untuk ekosistem

Badan memang kecil, tapi laba-laba juga memiliki manfaat untuk ekosistem. Laba-laba merupakan predator beberapa heran kecil seperti kutu dan ulat.

Satu lagi, menurut ahli laba-laba Norman Platnick dari American Museum of Natural History, ras manusia bakal kelaparan jika hewan ini punah.

Memang nggak mudah menerima keberadaan laba-laba di dalam rumah, tapi seenggaknya nggak perlu membunuh laba-laba sampai ke akar-akarnya. (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved