Kecelakaan Sepeda Saat Memantau Prokes, Ganjar Dioperasi

Kecelakaan Sepeda Saat Memantau Prokes, Ganjar Dioperasi
Pak Ganjar Pranowo alami kecelakaan saat bersepeda mengecek prokes di masyarakat. (jatengprov.go.id)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo alami kecelakaan sepeda saat memantau penerapan protokol kesehatan (prokes) masyarakat. Karena luka cukup parah, Pak Ganjar sampai dioperasi, Millens.

Inibaru.id – Pak Ganjar Pranowo mengalami kecelakaan saat bersepeda pada hari ini, Minggu (6/2/2022). Dia mengalaminya tatkala berkeliling memantau penerapan protokol kesehatan (prokes) masyarakat. Kini, Gubernur Jawa Tengah ini menjalani operasi di RSUP dr Kariadi Semarang.

Menurut keterangan Kasubag Humas dan Protokol Setda Jateng Agung Kristianto, Ganjar mengalami kecelakaan pada pukul 07.15 WIB di ujung jembatan Banjir Kanal Barat Semarang, tepatnya di depan Hotel Siliwangi. Ganjar mengalami luka serius pada tangan kanannya.

“Memang benar beliau terjatuh dari sepeda. Kejadian sekitar pukul 7-an pagi,” ungkap Agung di RSUP dr Kariadi.

Gowes pagi memang sudah jadi kebiasaan Ganjar. Dengan cara ini, Ganjar bisa bersilaturahmi, ngobrol, serta berinteraksi langsung dengan warga Jateng. Nah, khusus untuk di masa pandemi ini, Ganjar juga melakukannya untuk memantau penerapan protokol kesehatan di berbagai tempat keramaian ataupun di kampung-kampung sekaligus melakukan sosialisasi.

“Apalagi ini hari libur ya, ini banyak orang wisata dan ini dalam rangka untuk memantau karena omicron sedang naik juga. Diharapkan tidak terjadi kerumunan-kerumunan masyarakat,” lanjut Agung.

Ganjar Pranowo terbiasa gowes untuk bercengkerama langsung dengan masyarakat. (Media Indonesia/Antara)
Ganjar Pranowo terbiasa gowes untuk bercengkerama langsung dengan masyarakat. (Media Indonesia/Antara)

Sebelum mengalami kecelakaan, Ganjar sudah berkeliling cukup jauh di Semarang. Sebenarnya, Ganjar sedang pengin melanjutkan gowesnya ke Kawasan Kota Lama dan menilik lokasi Relokasi Pasar Johar untuk mengecek kondisi pasca-kebakaran beberapa saat lalu.

“Tapi di sekitar Kokrosono beliau terjatuh. Sepedanya bersenggolan dengan sesama sepeda,” ungkap Agung.

Seorang saksi mata yang berprofesi sebagai pengayuh becak, Priyanto (63), melihat Ganjar mengalami kecelakaan. Menurut keterangannya, begitu terjatuh, rekan-rekan Ganjar langsung membopongnya. Sesaat kemudian, ambulans datang dan melarikannya ke rumah sakit. Meski begitu, Priyanto nggak tahu pasti apa penyebab Ganjar mengalami kecelakaan.

Satu hal yang pasti, luka yang membuat Ganjar sampai dioperasi ada di tulang hasta tangan kanan. Kemungkinan, luka ini terjadi saat Ganjar mencoba menahan tubuh tatkala dia terpelanting. Agung pun meminta masyarakat mendoakan Ganjar agar bisa segera sembuh dan beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Semoga saja Pak Ganjar bisa segera sembuh, ya Millens. (Det/IB09/E05)