Jelang Ramadan, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Kota Semarang Merangkak Naik

Jelang Ramadan, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Kota Semarang Merangkak Naik
Harga sembako di Kota Semarang mulai naik jelang Ramadan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Jelang datangnya bulan suci Ramadan, beberapa harga sembako di Kota Semarang mulai naik. Berikut adalah daftar harganya per hari ini, Selasa (15/3/2022).

Inibaru.id – Menjelang Ramadan, harga kebutuhan beberapa bahan pokok mulai naik. Kenaikan harga menjelang Ramadan atau hari besar memang bukan lagi fenomena baru. Di Kota Semarang misalnya, harga beberapa bahan pokok di pasar-pasar tradisional naik. 

Hal ini diungkap oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Nur Kholis. Dia menyebut mendapat informasi adanya kenaikan harga sembako dari pantauan dan laporan kepala pasar di Kota Semarang. Meski begitu, pihaknya mengklaim kenaikan ini nggak besar.

Dinas Perdagangan Kota Semarang pun berjanji untuk terus memantau proses distribusi barang serta harga di level distributor. Tujuannya, untuk mengetahui alasan mengapa harga-harga sembako bisa naik sehingga bisa dicari solusi untuk menurunkannya.

O ya, meskipun harga-harga ini naik, Nur Kholis mengklaim stok sembako di Kota Semarang aman hingga Ramadan tiba. Sementara itu, untuk menekan harga minyak goreng non-subsidi yang masih sangat tinggi, pihaknya masih rajin melakukan operasi pasar.

Harga bawang merah ukuran sedang Rp 38.750 per kilogram. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Harga bawang merah ukuran sedang Rp 38.750 per kilogram. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

“Untuk mengantisipasi agar harga tidak mengalami kenaikan yang terlalu tinggi, kami akan melakukan koordinasi tingkat sektor untuk melakukan pemantauan. Kegiatan pantauan biasanya juga dilakukan bersama TNI/Polri," ujar dia, Senin, (14/3/2022).

Belum Turun

Omong-omong, hingga hari ini, Selasa (15/3), harga beberapa bahan pokok yang didapat dari Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (Sihati) Provinsi Jawa Tengah masih bertahan di angka yang cukup tinggi. Telur ayam ras segar mencapai Rp 25.500 per kg. Minyak goreng curah juga masih bertahan cukup mahal, yakni Rp 15 ribu per kg. Sementara itu, harga cabai merah besar ada di angka Rp 46.750 per kg dan bawang merah ukuran sedang ada di angka Rp 38.750 per kilogram.

Khusus untuk bawang putih ukuran sedang ada di angka Rp 36.750 per kilogram. Sementara itu, gula pasir lokal Rp 14.500 per kilogram dan gula pasir kualitas premium di angka Rp 14.650 per kilogram.

Harga daging ayam ras segar kini per kilogramnya juga mencapai Rp 34.750. Sedangkan daging sapi ada di angka Rp 138.750 per kg. Kalau beras, harga bervariasi dari Rp 10.900 sampai Rp 13.400 per kilogram bergantung pada jenis dan kelasnya.

Duh, semoga saja harga sembako bisa dikendalikan ya, Millens? (Ayo, SM/IB09/E05)