inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Jangan Kalap Makan Kue Kering Lebaran
Minggu, 23 Apr 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: kue kering. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ilustrasi: kue kering. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski tersedia banyak di rumah, ada baiknya kamu nggak kebanyakan makan kue kering. Kalau nggak, kamu bisa mengalami dampak-dampak buruk berikut ini.

Inibaru.id – Nggak hanya tersedia pada hari raya seperti Lebaran atau Natal, kue kering terkadang juga bisa ditemui di ruang keluarga sebagai camilan untuk mengobrol atau saat menonton televisi. Rasanya enak dan bikin nagih. Tapi, kamu nggak boleh kebanyakan mengonsumsinya.

Bukankah ukuran kue kering biasanya kecil dan nggak bikin kenyang sebagaimana makan nasi? Yap, hal tersebut memang benar. Tapi, sesuatu yang nggak bikin kenyang bukan berarti nggak bikin kamu jadi tambah gendut. Realitanya, hampir semua kue kering memiliki kadar kalori yang tinggi.

Alasannya, bahan pembuat kue kering adalah tepung, gula, butter, dan bahan-bahan lain yang jika dikombinasikan bisa menjadi penganan dengan kadar kalori tinggi. Proses pengolahan kue kering juga ikut memengaruhi tingginya kadar kalori tersebut.

Nah, kalau kamu kebanyakan makan kue kering, berikut adalah efek samping yang bisa kamu dapatkan.

Berat Badanmu Meningkat

Kalori dan gula kue kering cukup tinggi dan bisa bikin berat badan naik. (Medcom/Medicalnewstoday)
Kalori dan gula kue kering cukup tinggi dan bisa bikin berat badan naik. (Medcom/Medicalnewstoday)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, hal pertama yang bakal kamu dapatkan jika kebanyakan makan kue kering adalah berat badan naik. Nggak hanya kadar kalorinya yang tinggi, kue kering juga tinggi gula.

Keberadaan gula ini membuat otak kita seperti kecanduan dan sulit untuk berhenti mengunyah kue kering. Dampaknya, kamu pun akhirnya sulit mengendalikan diri dan makan dalam jumlah banyak. Kamu pun jadi gendutan, deh.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Kandungan gula di dalam kue kering yang tinggi juga akan menyebabkan efek samping lain jika dikonsumsi terlalu banyak, yaitu meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2. Penyakit ini cukup mengerikan karena bisa membuat luka nggak bisa sembuh, infeksi parah, hingga kematian, lo. Seram!

Kondisi Kulitmu Memburuk

Kamu merasa kulitmu jadi lebih kusam, mudah berkerut, dan nggak lagi segar setelah keseringan makan kue kering dalam jumlah banyak? Ternyata, kue kering memang bisa memberikan efek samping buruk bagi kesehatan kulit, Millens.

Mengapa bisa begitu? Hal ini terkait dengan kandungan gula tinggi pada penganan tersebut. Gula ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin di dalam kulit. Kalau hal ini terus terjadi, efeknya, kamu mengalami penuaan dini, deh.

Melihat fakta-fakta ini, meski di rumahmu tersedia banyak kue kering, makannya jangan kebanyakan, ya? Kalau memang hobi ngemil, konsumsi buah-buahan atau kacang-kacangan saja yang lebih sehat. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved