BerandaHits
Minggu, 12 Jun 2022 11:23

Jangan Bingung, Ini 5 Perbedaan Saus Tomat dan Pasta Tomat

Jangan Bingung, Ini 5 Perbedaan Saus Tomat dan Pasta Tomat

Hampir mirip, saus tomat dan pasta tomat kerap mengecoh. (Medcom/Drweil)

Meski sekilas serupa, tapi saus tomat dan pasta tomat itu nggak sama. Seenggaknya, ada 5 perbedaan yang bisa kamu cermati, lo.

Inibaru.id – Eh, kalau kamu sulit membedakan saus tomat dan pasta tomat, nggak usah minder. Kamu nggak sendiri kok. Saus tomat dan pasta tomat memang sekilas mirip dan kerap mengecoh kalau kamu nggak benar-benar mengeceknya dengan teliti.

Tampilan boleh hampir sama, tapi keduanya adalah makanan yang berbeda. Kamu bisa membedakan keduanya dengan lima perbedaan sebagai berikut.

1.  Konsistensi

Cara paling gampang untuk membedakan mana saus tomat dan pasta tomat adalah dengan melihat konsistensinya. Coba deh kamu perhatikan, saus tomat lebih cair jika dibandingkan dengan pasta tomat. Ketika kamu menuangkannya ke piring, saus tomat bakal menyebar dengan cepat, sementara pasta tomat sangat kental.

Perbedaan konsistensi kedua olahan tomat ini diakibatkan jumlah padatan tomat di dalamnya. Jadi, saus umumnya menggandung 24 persen padatan tomat, sementara pasta mengandung lebih dari 24 persen padatan tomat. See?

2. Cita rasa

Jika dicicipi, saus tomat terasa seperti tomat segar yang diberi beberapa bumbu dan rempah, sedangkan pasta tomat justru cenderung terasa getir. Rasanya mirip dengan tomat kering gitu deh. Pasalnya, padatan tomat dalam pasta terbilang tinggi sehingga menghasilkan cita rasa yang "pekat." Meski demikian, rasa pasta tomat ini cocok banget dicampur ke dalam berbagai masakan.

3. Bahan

Saus tomat dibuat nggak hanya dari tomat, tapi dicampur bahan lainnya. (iStockphoto via Liputan6) 
Saus tomat dibuat nggak hanya dari tomat, tapi dicampur bahan lainnya. (iStockphoto via Liputan6)

Perbedaan ketiga ada pada bahan pembuatnya. Saus tomat memakai lebih banyak campuran bahan daripada pasta tomat. Beberapa bahan untuk membuat saus tomat adalah tomat, bawang putih, bawang bombai, garam, dan minyak zaitun. Nah, kalau pasta tomat umumnya hanya terbuat dari tomat dan garam yang dimasak berjam-jam.

4. Penggunaan

Cara menggunakan saus tomat sangat mudah. Saus ini bisa langsung disajikan dengan makanan atau dijadikan bahan untuk membuat saus lainnya, seperti saus pizza. Sementara pasta tomat nggak bisa asal digunakan.

Ketika kamu mau mencampur pasta tomat ke dalam masakan, kamu harus mencampurnya dengan minyak zaitun terlebih dahulu. Caranya cukup sederhana. Panaskan minyak zaitun, lalu masukkan pasta tomat kemudian masak selama lima menit hingga warnanya lebih gelap. Baru deh kamu bisa menuangkannya ke dalam air atau kaldu.

5. Nutrisi

Terakhir, perbedaan saus tomat dan pasta tomat ada pada nutrisinya.

Kamu perlu tahu kalau pasta tomat mengandung lebih banyak antioksidan berupa likopen dibanding saus tomat. Likopen berfungsi untuk mencegah kerusakan sel, baik untuk kesehatan jantung, dan menurunkani risiko beberapa jenis kanker.

Dari informasi di atas, kamu sudah bisa membedakan mana saus tomat dan pasta tomat belum, Millens? (Kom/IB21/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved