Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bau Rokok yang Ada di Rumah

Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bau Rokok yang Ada di Rumah
Asap rokok menyimpan residu karsinogenik dan mengendap di pemukaan benda yang ada di dekatnya. (headtopics)

Bau rokok yang menempel di baju sulit banget dihilangkan. Apa jadinya jika bau rokok juga menempel di seluruh barang yang ada di rumah kita?

Inibaru.id - Menjumpai orang merokok di tempat umum sudahlah biasa. Jika nggak memungkinkan untuk ditegur, kita saja yang mundur untuk menghindari asapnya. Ya, sebisa mungkin kita memang jangan terlalu banyak  terpapar asap rokok karena dampaknya yang nggak baik untuk kesehatan.

Tapi, beda cerita jika asap rokok ada di dalam rumah kita. Meski nggak ada anggota keluarga yang merokok, asap rokok yang menyimpan residu karsinogenik mungkin saja masuk dan menempel di kursi, gorden, pakaian, bahkan rambut dan kulit. Hal itu bisa saja terjadi  karena para tamu yang datang dan masuk ke rumah.

Jika itu terjadi, sebaiknya kita nggak membiarkan aroma itu berlama-lama berada di dalam rumah. Apalagi jika salah satu anggota rumah adalah penderita asma dan balita. Hal itu pasti akan mengganggu banget ya, Millens?

Nah, agar bau rokok di rumah hilang, beginilah langkah-langkah yang bisa kita lakukan.

1. Membuang Puntung dan Bekas Rokok

Puntung rokok yang masih ada di dalam rumah selalu menebarkan bau rokok ke seluruh ruangan. (pixnio)
Puntung rokok yang masih ada di dalam rumah selalu menebarkan bau rokok ke seluruh ruangan. (pixnio)

Hal yang paling awal harus kita lakukan untuk membasmi bau asap rokok adalah membuang puntung dan bekas rokok. Biasanya bekas rokok ini terkumpul dalam asbak. Ingatlah, dengan membiarkan tetap ada di area rumah, otomatis akan membuat bau rokok nggak hilang dan menyebar ke berbagai ruangan. 

2. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Dengan membuka pintu, bau nggak sedap dari dalam rumah berganti dengan udara segar dari luar. (airassurance)
Dengan membuka pintu, bau nggak sedap dari dalam rumah berganti dengan udara segar dari luar. (airassurance)

Langkah selanjutnya adalah memastikan rumah mendapatkan udara bersih dari luar dengan cara membuka jendela dan pintu. Dengan sirkulasi udara yang berjalan baik, bau nggak sedap dari dalam rumah akan berganti dengan udara yang lebih segar.

3. Mengelap Perabot dan Lantai Rumah

Asap rokok selalu menempel di permukaan barang-barang yang ada di dekatnya. Oleh karena itu, perabot seperti meja, kursi, lemari dan lainnya wajib kita bersihkan. Caranya yaitu dengan menggunakan campuran cuka putih dan air panas. Lap seluruh permukaan pintu, meja, kipas angin, lampu, bingkai foto dan semua perabot yang ada di dalam rumah menggunakan cairan tadi. Nggak hanya perabot, lantai juga harus kita pel dengan cairan pembersih lantai.

4. Bersihkan Kapet dan Gorden

Soda kue selain untuk membuat makanan, ampuh juga untuk menghilang bau nggak sedap. (pexels)
Soda kue selain untuk membuat makanan, ampuh juga untuk menghilang bau nggak sedap. (pexels)

Gunakan cara ini untuk membersihkan karpet! Pertama, taburkan soda kue menyeluruh ke permukaan karpet lalu diamkan beberapa hari. Setelah itu, vakum karpet yang telah ditaburi soda kue tadi. Soda kue biasanya memang digunakan untuk membersihkan rumah dan ampuh membasmi bau nggak sedap.

Untuk barang-barang berbahan kain seperti gorden, sarung bantal, sarung sofa, dan pakaian kita hanya perlu mencucinya. Setelah kering, jangan lupa semprotkan pewangi pada kain ketika sedang menyetrikanya. 

5. Mengganti Filter AC

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah mengganti filter AC. Filter yang sudah lama digunakan menjadi penyebab buruknya sirkulasi udara di dalam rumah. Jika hal itu terjadi, maka bau nggak sedap yang ada di dalam rumah akan sulit hilang.

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah tadi dengan benar, bau rokok kemungkinan akan lenyap nggak berjejak. Selamat mencoba, Millens! (Kom/IB20/E05)