Ikuti Jejak Adiknya, Amasya Manganang Hendak Operasi Kelamin

Ikuti Jejak Adiknya, Amasya Manganang Hendak Operasi Kelamin
Amasya Manganang, kakak dari Aprilio Manganang akan mengikuti jejak adiknya untuk menjalani operasi kelamin. (SuaraKumandang)

Kakak kandung dari Aprilio Manganang, Amasya hendak mengikuti jejak adiknya melakukan operasi kelamin. Ternyata, dia juga mengalami kondisi yang sama. Kapan ya Amasya bisa melakukannya?

Inibaru.id - Aprilio Perkasa Manganang, mantan pemain voli Timnas putri Indonesia belakangan jadi perbincangan hangat masyarakat karena menjalani operasi kelamin setelah jadi anggota TNI. Usai keputusan pergantian kelamin dan nama Aprilio disahkan secara hukum dan diiringi dengan derai air mata, kini giliran kakak kandungnya, Amasya Manganang yang juga berencana untuk mengganti identitas.

Meski belum jelas kapan Amasya bisa melakukannya, dia menyebut tanggal operasi hanya tinggal menunggu jadwal. Amasya membeberkan rencana ini usai mendampingi Aprilio Manganang menghadiri sidang pergantian nama secara daring di Pengadilan Negeri Tandano, Jumat (19/3/2021).

"Rencananya ada dan sudah melakukan pengecekan medis juga pemeriksaan seluruh badan sejak Selasa (16/3) hingga Kamis (18/3) oleh tim dokter ahli. Cuma untuk hasil pemeriksaannya saya belum tahu. Tapi apapun hasilnya harus dijalani," kata Amasya di Mabes TNI AD, Veteran, Jakarta.

Pemeriksaan medis yang dilakukan oleh Amasya nggak beda jauh dari adiknya saat di RSPAD Gatot Subroto. Baik itu dari pengenalan dan pemeriksaan awal. Dia mengaku sudah benar-benar mantap menjalaninya.

Amasya Manganang nggak berpikir untuk berkarier di TNI seperti adiknya. (Istimewa)<br>
Amasya Manganang nggak berpikir untuk berkarier di TNI seperti adiknya. (Istimewa)

"Kebetulan April sendiri yang menceritakan prosesnya kepada saya. Ya, saya cuma berpikir bakal melewati yang sama juga, jadi tinggal menyiapkan mental saja," ujarnya.

Meskipun waktu operasi hanya tinggal menanti jadwal, Amasya mengaku belum menyiapkan nama pengganti yang bakal dia pakai nantinya. Dia lebih ingin fokus menghadapi proses terdekat terlebih dahulu.

Amasya Belum Terpikir untuk Berkarier di TNI

Beda dengan adiknya yang sudah berkarier di TNI, Amasya yang kini berusia 31 tahun ini justru belum terpikir untuk menjalani karier yang sama.

"Usia saya sudah tua (soal kemungkinkam ditawarkan menjadi prajurit TNI). Kayaknya yang tentara April saja, saya support saja. Saya juga sudah bekerja di Kalimantan, tapi karena April sudah tinggal di sini (Jakarta) dan orang tua cuma berdua, sepertinya saya kembali ke Manado," bebernya.

Amasya mengaku sudah mengambil lisensi pelatih level C sejak dua tahun lalu. Dia ternyata punya cita-cita mulia menjadi pelatih agar anak-anak di daerahnya bisa jadi pemain voli yang bagus dan nantinya bisa membanggakan nama Indonesia sebagaimana dirinya dan adiknya.

Semoga proses operasi pergantian kelamin yang dijalani Amasya Manganang berjalan lancar sebagaimana sang adik, ya, Millens. (Det/IB28/E07)