BerandaHits
Jumat, 3 Okt 2025 09:38

Iklan di Instagram Sering Pas Sesuai Minat, Kok Bisa, Ya?

Penulis:

Iklan di Instagram Sering Pas Sesuai Minat, Kok Bisa, Ya?Arie Widodo
Iklan di Instagram Sering Pas Sesuai Minat, Kok Bisa, Ya?

Ilustrasi: Iklan di Instagram. (Forbes/Blue Fountain Media/Sonos)

Saking seringnya iklan di Instagram pas dengan minat atau kebutuhan kita pada saat itu, banyak orang curiga kalau Instagram memakai mikrofon ponsel kita untuk menguping pembicaraan kita. Apakah tudingan ini memang benar?

Inibaru.id - Pernah nggak merasa keheranan dengan iklan di Instagram yang seringnya pas banget dengan kebutuhan kita? Sebagai contoh, beberapa saat lalu kita berbicara tentang beasiswa, lalu konten iklan di Instagram yang muncul adalah info beasiswa. Kok bisa begitu, ya?

Hal ini juga dirasakan rekan kerja saya, Tri, yang sedang melakukan renovasi rumah belakangan ini. Entah bagaimana ceritanya, di lini masa Instagramnya tiba-tiba muncul banyak iklan terkait bahan bangunan atau peralatan terkait.

"Saya kepikiran apa Instagram ini merekam perkataan kita, ya? Jadi mereka bisa tahu kita ingin apa dan kemudian ditampilkan di iklan lini masa kita," ucapnya dengan curiga pada Kamis (2/10/2025).

Apakah Instagram Memang Mendengarkan Percakapan Kita?

Layaknya Tri, banyak pengguna Instagram yang merasa curiga bahwa aplikasi ini menggunakan mikrofon ponsel untuk merekam percakapan sehari-hari demi menyesuaikan iklan yang muncul di lini masa mereka. Wajar sih, kalau sepertinya iklan yang ditampilkan begitu relevan dengan apa yang baru saja kita bicarakan. Tapi, apakah benar Instagram mendengarkan percakapan kita?

Adam Mosseri, bos Instagram, memberikan klarifikasi yang tegas soal ini. Dalam sebuah video Reels yang diunggahnya, Mosseri membantah tudingan bahwa Instagram menggunakan mikrofon ponsel untuk mendengarkan percakapan pengguna demi menargetkan iklan.

"Kami tidak menggunakan mikrofon ponsel untuk menguping," tegas Mosseri dilansir dari TechCrunch, Kamis (2/10/2025)

Menurutnya, jika Instagram benar-benar menggunakan mikrofon untuk menyadap percakapan pengguna, itu akan menjadi pelanggaran privasi yang sangat besar. Selain itu, Mosseri juga menambahkan bahwa jika mikrofon ponsel sedang aktif, pengguna akan melihat indikator lampu di bagian atas layar ponsel mereka. Ini artinya, baterai ponsel juga akan lebih cepat habis.

Kenapa Iklan di Instagram Bisa Begitu Tepat Sasaran?

Ada beberapa alasan yang bikin iklan Instagram terkesan pas dengan kebutuhan kita. (Pexels)
Ada beberapa alasan yang bikin iklan Instagram terkesan pas dengan kebutuhan kita. (Pexels)

Lantas, jika Instagram tidak menggunakan mikrofon, mengapa iklan yang muncul begitu relevan dengan topik pembicaraan kita? Menurut Mosseri, ada beberapa penjelasan yang lebih logis mengenai hal ini.

Pertama, bisa jadi kita atau teman yang terlibat dalam percakapan sebelumnya pernah mencari atau mengklik produk terkait secara online lewat gawai kita. Setiap interaksi di dunia maya, seperti pencarian produk atau klik iklan, dapat membantu algoritma Instagram untuk menampilkan iklan yang lebih personal.

Kedua, Instagram bekerja sama dengan pengiklan yang dapat berbagi data tentang kunjungan situs. Jadi, kalau kamu pernah mencari produk tertentu di luar Instagram, bisa jadi iklan tentang produk tersebut akan muncul kembali di feed.

Ketiga, algoritma Instagram juga menargetkan iklan berdasarkan minat pengguna dan orang-orang dengan profil yang serupa. Jadi, jika temanmu sering mencari info tentang renovasi rumah, kemungkinan besar kamu juga akan melihat iklan sejenis, Gez.

Mosseri juga menjelaskan ada faktor psikologis yang memengaruhi kita. Kadang-kadang, kita sudah melihat iklan tertentu sebelumnya tanpa menyadarinya. Ketika topik itu muncul dalam percakapan, kita jadi merasa iklan tersebut baru saja muncul setelah obrolan. Padahal, sebenarnya sudah ada sebelum percakapan terjadi.

Selain penjelasan teknis di atas, ada kalanya fenomena ini terjadi karena kebetulan belaka. Ya, memang kadang-kadang, hal-hal yang terasa sangat personal dalam iklan bisa muncul hanya karena kita sudah terlalu sering melihat produk atau topik tersebut di mana-mana.

Meski banyak orang yang curiga Instagram mendengarkan percakapan, Meta, perusahaan induk Instagram, sebenarnya sudah berulang kali menegaskan bahwa mereka tidak menggunakan mikrofon untuk memantau percakapan. Pada 2016, Meta merilis penjelasan resmi bahwa mereka tidak pernah menggunakan data audio untuk menargetkan iklan. Bahkan, pada 2018, CEO Mark Zuckerberg juga membantah klaim tersebut saat bersaksi di hadapan Kongres AS.

Teknologi Baru untuk Menargetkan Iklan

Meskipun Instagram tidak menggunakan mikrofon ponsel, ada teknologi lain yang kini digunakan oleh Meta untuk menyesuaikan iklan. Salah satunya adalah penggunaan interaksi pengguna dengan produk berbasis AI.

Dalam pengumuman terbaru, Meta menyatakan bahwa interaksi pengguna dengan chatbot Meta AI kini juga akan digunakan untuk mempersonalisasi iklan di Instagram. Jadi, jika kamu ngobrol tentang hobi mendaki dengan Meta AI, misalnya, kamu mungkin akan melihat iklan perlengkapan hiking muncul di lini masa Instagram.

Dengan kata lain, meskipun Instagram tidak mendengarkan percakapan kita lewat mikrofon ponsel, interaksi kita di dunia digital tetap menjadi sinyal yang digunakan untuk menampilkan iklan yang lebih relevan dan personal.

Jadi, meski munculnya iklan yang "terlalu tepat" bisa membuat kita terkejut, sepertinya itu bukan hasil dari percakapan yang disadap, melainkan hasil dari teknologi canggih yang dirancang untuk mempelajari preferensi kita secara online, Gez. Sudah hilang kan rasa penasarannya? (Arie Widodo/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2025 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved