inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Hilangkan Noda Anggur Merah yang Tumpah di Pakaian, Gimana Caranya?
Senin, 19 Sep 2022 15:10
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Noda bekas anggur merah termasuk noda yang paling sulit dibersihkan. (Brightcellars) 

Noda bekas anggur merah termasuk noda yang paling sulit dibersihkan. (Brightcellars)

Jangan panik jika bajumu nggak sengaja terkena percikan red wine atau anggur merah. Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar noda itu hilang.

Inibaru.id – Hari bahagia terasa belum lengkap jika belum membuka sebotol anggur merah untuk merayakannya. Namun, tangan yang teledor atau kesadaran yang nggak terjaga sepenuhnya nggak jarang bikin anggur tumpah, menimbulkan bercak merah di pakaian, karpet, atau taplak meja.

Sayangnya, noda bekas anggur merah termasuk yang paling sulit dibersihkan. Butuh obat khusus dan penanganan serius untuk mengenyahkan noda tersebut.

Dikutip dari The Kitchen, ada beberapa produk pembersih noda anggur merah yang populer di luar negeri yang bisa digunakan, di antaranya adalah Wine Away, Folex, dan Dr Beckmann. Caranya lumayan paktis: cukup dengan membasahi noda dengan produk itu, dibiarkan sejenak, lalu dibersihkan.

Namun, jika produk-produk itu nggak bisa mengatasi masalah noda membandel akibat ketumpahan anggur merah ini, apa yang harus dilakukan?

5 Cara Bersihkan Noda Anggur Merah

Orang yang sehari-hari bekerja memproduksi minuman anggur tentu terbiasa membersihkan noda anggur merah pada pakaian mereka. Masih dikutip dari The Kitchen, berdasarkan pengalaman para ahli anggur (winery) sekurangnya ada lima cara yang bisa kamu coba untuk membersihkan noda ini.

1. Tuangkan anggur putih

Anggur putih melarutkan senyawa yang memberi warna pada anggur merah. (The Washington Post/Tom McCorkle)
Anggur putih melarutkan senyawa yang memberi warna pada anggur merah. (The Washington Post/Tom McCorkle)

Banyak orang meyakini bahwa anggur putih adalah “lawan” alami anggur merah. Carrie Bonnie, manajer perhotelan di Youngberg Hill Vineyards, Oregon mengatakan, gunakanlah percikan anggur putih ke dalam bekas noda.

“Anggur putih melarutkan senyawa yang memberi warna pada anggur merah. Namun, trik ini hanya berfungsi pada noda baru,” terang Bonnie.

2. Pakailah minuman bersoda

Lori Reed, manajer testing room di Bread & Butter Wines, Silverado Trail, Napa, mengungkapkan, carilah minuman bersoda untuk menghilangkan bercak noda akibat anggur merah.

3. Tangani dengan cuka putih

Kain yang terkena noda anggur merah bisa dibersihkan dengan cuka sebelum mencucinya dengan air dingin. (Istock/Janine Lamontagne)
Kain yang terkena noda anggur merah bisa dibersihkan dengan cuka sebelum mencucinya dengan air dingin. (Istock/Janine Lamontagne)

Bonnie mengatakan, kalau nggak ada Wine Away, tangani noda dengan cuka putih. Teknisnya, bersihkan noda bekas anggur merah terlebih dahulu, lalu rendam ke dalam cuka sebelum kamu mencucinya dengan air dingin.

4. Aplikasikan  hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida paling pas untuk membersihkan noda anggur pada taplak meja berwarna putih. Bahan kimia ini bisa diandalkan, tapi sebaiknya jangan mencampur pakaian yang kena noda anggur merah dengan pakaian lain saat dimasukkan ke mesin pengering.

5. Gunakan air panas mendidih

Kucurkan air mendidih ke karpet atau pakaian yang terkena noda anggur merah dan perlahan noda akan hilang.  (Pixabay/Republica)
Kucurkan air mendidih ke karpet atau pakaian yang terkena noda anggur merah dan perlahan noda akan hilang. (Pixabay/Republica)

Ini merupakan metode kuno yang diyakini bisa berhasil, meski butuh kesabaran tinggi. Caranya, pastikan air dalam keadaan mendidih lalu kucurkan ke noda anggur merah pada karpet atau pakaian.

Sangat disayangkan kalau pakaian atau taplak meja kepunyaanmu terpaksa dipensiunkan lebih dini karena terkena anggur merah yang tumpah. Cobalah kelima saran ini. Semoga hasilnya memuaskan ya, Millens! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved