Hidup di Air, Ikan Juga Butuh Minum; Gimana Caranya?

Hidup di Air, Ikan Juga Butuh Minum; Gimana Caranya?
Ikan ternyata butuh minum. (Freepik via Popmama)

Meski seumur hidupnya berkubang dalam air, ternyata ikan masih tetap butuh minum lo. Tapi, cara minum ikan air tawar dan asin nggak sama. Lantas, bagaimana sih cara mereka minum?

Inibaru.id - Air merupakan elemen penting bagi kehidupan. Sebagai makhluk hidup, ketika haus, kita memiliki hasrat untuk minum. Begitu juga hewan. Tapi bagaimana dengan ikan? Apakah tinggal di dalam air membuat mereka tetap butuh minum?

Ternyata, ikan sekalipun masih butuh minum, Millens. Padahal mereka setiap hari tinggal di dalamnya, ya. Artikel berikut bakal memberi gambaran seperti apa sih cara ikan meminum air.

Metode Minum pada Ikan Air Tawar

Berdasarkan tempat tinggalnya, ikan dibagi menjadi dua jenis yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Berbeda tempat hidup, cara mereka minum juga beda, Millens. Ikan air tawar nggak perlu berusaha keras untuk minum, karena air akan masuk dengan sendirinya melalui insang yang terserap lewat kulitnya.

Untuk mengatasi kelebihan cairan akibat air yang masuk dengan sendirinya ini, ikan air tawar bakal sering buang air kecil. Ikan air tawar juga mempunyai lapisan sel klorida pada kulitnya. Lapisan ini berfungsi untuk mengatur kebutuhan jumlah air agar nggak terlalu banyak diserap oleh tubuh ikan.

Metode Minum pada Ikan Air Asin

Ikan air asin atau air laut butuh usaha yang lebih keras untuk minum. Hal ini dikarenakan, air pada tubuhnya sering tersedot keluar. Jadi ikan yang hidup di air asin harus banyak minum.

Kalau kekurangan cairan, mereka akan mati. Nggak sama seperti manusia, ginjal dan insang ikan air laut dapat menyaring garam air laut. Mereka bakal baik-baik saja minum air asin. Mereka juga mempunyai sel klorida yang tugasnya memompa garam keluar dari tubuh. Canggih ya?

O ya, kebutuhan minum ikan nggak sama dengan makhluk yang hidup di darat. Aktivitas minum ikan diatur oleh proses biologis pasif yang bervariasi berdasarkan di mana mereka hidup. Istilah keren untuk menyebut proses keluar masuk air pada tubuh ikan disebut “osmosis”.

Fakta Menarik Seputar Ikan

Ada banyak fakta seputar ikan yang harus kamu tahu. (Freepik)
Ada banyak fakta seputar ikan yang harus kamu tahu. (Freepik)

Setelah mendapati fakta bahwa ikan juga butuh minum, ada beberapa fakta seputar dunia ikan yang akan memperluas wawasanmu. Yuk simak!

1. Salah Satu Makhluk Tertua di Bumi

Ikan telah menghuni Bumi sejak 450 juta tahun lalu. Mereka ada jauh sebelum Dinosaurus menjelajahi bumi. Jadi, bisa dibilang ikan adalah salah satu mahkluk tertua di planet ini.

2. Ikan Bisa Tenggelam

Lucu ya kalau ada ikan tenggelam. Padahal makhluk ini adalah perenang andal. Tapi faktanya, mereka bisa tenggelam lo. Tanpa oksigen yang cukup di dalam air, ikan bisa tenggelam.

3. Membuat Bibir Terlihat Cantik

Eh kamu tahu nggak kalau dalam lipstik yang sering dipakai kaum perempuan terdapat sisik ikan? Yap, bagian tubuh ikan ini menjadi komponen berharga untuk membuat lipstik.

4. Ikan Memiliki Indra Perasa di Seluruh Tubuhnya

Jika manusia hanya bisa merasakan melalui lidah, ikan dapat merasakan di seluruh tubuhnya. Keren ya bisa merasakan tanpa buka mulut.

5. Ada Banyak

Meskipun seluruh spesies amfibi, reptil, burung, dan mamalia digabungkan, masih kalah banyak dengan spesies ikan. Nggak terbayang kan berapa banyaknya jumlah ikan di bumi?

6. Punya Radar Khusus

Ikan mempunyai organ khusus berupa garis lateral. Fungsinya sebagai radar dan membantu ikan untuk menavigasi dalam air yang gelap atau keruh. Makanya, meski malam hari dan nggak ada cahaya, ikan nggak bakal tabrakan saat berenang.

7. Ikan Dapat Mengubah Kelamin

Beberapa jenis ikan seperti ikan badut memiliki kemampuan untuk mengubah kelamin mereka. Ketika menetas, seluruh bayi ikan badut berjenis kelamin jantan. Setelah dewasa, mereka bisa memilih menjadi betina atau tetap jantan. Menarik ya?

Itulah beberapa fakta menarik seputar ikan. Kamu mau nambahin apa lagi, Millens?  (Beb,Men/IB21/E07)