inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Hati-Hati, Segera Laporkan Penipuan Atas Nama AMSI!
Rabu, 1 Feb 2023 15:00
Bagikan:
Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menghimbau masyarakat untuk segera menghubungi kontak AMSI jika mengalami penipuan yang mengatasnamakan AMSI. (Youtube AMSI)

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menghimbau masyarakat untuk segera menghubungi kontak AMSI jika mengalami penipuan yang mengatasnamakan AMSI. (Youtube AMSI)

Pada tanggal 26 dan 29 Januari 2023 terjadi penipuan lewat WA yang mengatasnamakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Ketua Umum AMSI menghimbau masyarakat untuk segera melapor jika terjadi penipuan serupa yang membawa-bawa nama AMSI.

Inibaru.id – Penipuan yang berujung pemerasan banyak sekali bentuknya. Salah satu yang sering terjadi adalah kiriman pesan Whatsapp (WA) yang mengatasnamakan kenalan kita untuk mengirimkan sejumlah uang. Padahal, pemilik nomor WA itu nggak merasa mengontak kita.

Hal serupa tengah dialami oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Sehubungan dengan terjadinya tindak penipuan yang mengatasnamakan AMSI pada tanggal 26 dan 29 Januari 2023 oleh pihak yang memakai nomor WA 089602549384 dan 082169829759, dengan modus menakuti-nakuti tindakan pencemaran nama baik oleh korban dan dilanjutkan dengan permintaan sejumlah uang, maka pengurus AMSI menyampaikan beberapa pernyataan.

  1. Meminta pelaku menghentikan tindakan penipuan yang dilakukan karena melanggar hukum dan merugikan nama baik organisasi AMSI;
  2. AMSI tidak pernah menjadi "polisi" atas dugaan tindakan pencemaran nama baik yang dilakukan masyarakat baik di media sosial atau pun medium lainnya yang menjadi wilayah yurisdiksi penegak hukum;
  3. AMSI tidak pernah mengadakan pemungutan uang dalam kegiatan apapun kepada publik apalagi dengan dalih agar dibebaskan dari kasus hukum apapun;
  4. Kepada media ataupun perorangan kami menghimbau untuk tidak meladeni dan lebih berhati-hati dengan berbagai bentuk broadcast yang diakhiri dengan memungut biaya dengan mengatasnamakan AMSI;
  5. Mendesak aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku penipuan yang mengatasnamakan AMSI.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menyarankan kita untuk melapor jika mendapat pesan dari nomor WA tadi atau segala hal tindak penipuan yang mengatasnamakan AMSI. Nomor WA Center AMSI adalah 0812-8470-0300, sedangkan email AMSI adalah sekretariat@amsi.or.id.

Semoga nggak ada lagi korban penipuan yang mengatasnamakan AMSI ya. Jika nama AMSI dibawa-bawa dalam sebuah aksi penipuan, kamu tahu yang harus melapor ke mana kan, Millens? (Siti Khatijah/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved