Harga Cabai di Purwokerto Masih Tinggi, Ganjar Janjikan Evaluasi

Harga Cabai di Purwokerto Masih Tinggi, Ganjar Janjikan Evaluasi
Ilustrasi: Harga cabai rawit di Purwokerto masih relatif tinggi. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan segera melakukan evaluasi terkait hal tersebut. (MI/Antara/Asep Fathulrahman)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendapati harga cabai di Purwokerto masih tinggi. Terkait hal itu, Pemprov Jateng akan segera melakukan evaluasi.

Inibaru.id - Sudahkah stabil harga cabai di daerahmu, Millens? Harga cabai di beberapa kota di Jawa Tengah memang nggak bisa seragam. Sebagian sudah adem ayem karena harganya berangsung menurun. Namun. sebagian kota lain, harga cabai masih relatif tinggi.

Cabai di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, adalah salah satu yang masih tinggi. Kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, pedagang Pasar Wage di Jalan Vihara Purwokerto mengatakan, harga cabai rawit masih berkisar pada angka Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu.

Nggak seperti cabai yang susah turun, harga ayam di Pasar Pembimbing di Jalan Pertebaran Purwokerto Selatan masih berkisar pada harga wajar.

Dalam pengecekan yang dilakukan sembari jalan-jalan pagi, Ganjar mendengar laporan harga ayam berkisar Rp 33-34 ribu per kilogram.

Harga daging ayam di Pasar Pembimbing Purwokerto berkisar antara Rp 33 ribu hingga Rp 34 ribu per kilogram. (Dok. Pemprov Jateng)
Harga daging ayam di Pasar Pembimbing Purwokerto berkisar antara Rp 33 ribu hingga Rp 34 ribu per kilogram. (Dok. Pemprov Jateng)

“Harga cabai masih lumayan tinggi," ungkap Ganjar di Gedung Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Selasa (9/8/2022). "Kenaikan harga tetap terjadi meski telah diintervensi oleh pemerintah dan stakeholder terkait."

Dia menambahkan, temuan di lapangan ini tentunya bakal menjadi bahan evaluasi Pemprov Jateng ke depan. Evaluasi diperlukan untuk mencegah kenaikan angka inflasi ekonomi di Jateng.

“Jadi, ini menjadi catatan kami untuk melakukan evaluasi karena kalau tidak, inflasi akan bergerak lagi,” tuturnya.

 Ya, kita semua sangat menunggu harga cabai berangsung menurun ya, Millens. Sebab, cabai jadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di banyak masakan. Nggak pedas, nggak asik, kan? (MI/IB20/E03)