inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
H-10 Lebaran, Tiket KA di Daop 4 Semarang Masih Tersedia
Senin, 1 Apr 2024 18:59
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Tiket kereta api masih tersedia. (Tribunnews)

Tiket kereta api masih tersedia. (Tribunnews)

Buat kamu yang masih bingung mau mudik via transportasi apa, barangkali kereta api bisa menjadi pilihan. Kabar baiknya, H-10 Lebaran kamu masih bisa memesan tiketnya!

Inibaru.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengonfirmasi bahwa tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2024 masih tersedia. Berdasarkan pemantauan pada Minggu 31 Maret 2024, tiket KA untuk masa Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 4 Semarang yang telah terjual dari tanggal 31 Maret 2024 (H-10) hingga 21 April 2024 (H+10) mencapai 220.943 tiket, atau sekitar 52 persen dari total tempat duduk yang tersedia, yakni 421.020 tempat duduk.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyatakan bahwa jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.

"Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket KA untuk periode lebaran, dapat segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan berbagai mitra penjualan resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” jelasnya.

Tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit untuk dipesan di wilayah Daop 4 Semarang meliputi tanggal 6 April 2024 (H-4), di mana tiket terjual sebanyak 69 persen, tanggal 5 April 2024 (H-5) sebanyak 61 persen, dan tanggal 14 April 2024 (H+3) sebanyak 51 persen.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan baik karena tiket KA untuk masa Angkutan Lebaran masih tersedia. Jika tiket yang diinginkan telah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI, yang membantu memberikan opsi perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

KAI juga mengimbau pelanggan untuk mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan, sebagai upaya menghindari kemungkinan ketinggalan kereta api.

Bagaimana dengan Motis?

Dengan Motis, masyarakat bisa membawa motor dengan aman hingga kampung halaman. (Ist via Detik)
Dengan Motis, masyarakat bisa membawa motor dengan aman hingga kampung halaman. (Ist via Detik)

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Angkutan Motor Gratis (Motis). Motis adalah program tahunan pemerintah yang memungkinkan masyarakat mudik dengan motor diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui website mudikgratis.dephub.go.id, dengan melayani 3 lintas pelayanan: Lintas Utara, Lintas Tengah, dan Lintas Selatan.

1. Lintas Utara (PP): Cilegon - Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Tegal - Pekalongan - Semarang Tawang Bank Jateng.

2. Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Purwokerto - Kroya - Kutoarjo.

3. Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang - Kiaracondong - Kroya - Gombong - Kebumen - Lempuyangan - Purwosari - Madiun.

Program Motis bertujuan untuk menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan raya saat mudik Lebaran, sehingga tingkat keselamatan meningkat.

Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik, dan 13-19 April 2024 untuk angkutan Arus Balik. Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor, dan tiket penumpangnya dengan tarif Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran, KAI memastikan akan mengantar pelanggan dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen mudik bersama keluarga dapat berjalan dengan ceria dan penuh cerita bermakna,” tutup Franoto.

Wah, masih ada tiket mudik tuh. Buruan digercepin ya, Millens! (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved