Fenomena 5 Planet Sejajar pada 24 Juni 2022, Apa Dampaknya?

Fenomena 5 Planet Sejajar pada 24 Juni 2022, Apa Dampaknya?
Fenomena 5 planet sejajar pada 24 Juni 2022. (Tribunnews/

Pada 24 Juni 2022, bakal ada fenomena 5 planet sejajar yang bisa kamu lihat di cakrawala pada dini hari. Apakah fenomena ini bisa memberikan dampak tertentu bagi manusia atau bumi?

Inibaru.id – Pada Jumat, 24 Juni 2022 nanti, kita bakal bisa menikmati fenomena 5 planet sejajar. Banyak orang yang percaya kalau fenomena alam yang cukup langka ini bisa memberikan dampak tertentu bagi bumi atau manusia.

Jadi gini, fenomena planet sejajar adalah peristiwa astronomis yang membuat lima buah planet berada dalam satu garis maya yang sejajar dalam waktu yang sama. Planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Kalau menurut keterangan petugas astronomi dari Royal Greenwich Museum, Inggris Dr Greg Brown, fenomena ini hanya sekali terjadi dalam 20 tahun terakhir.

“Kesempatan langka untuk melihat hal yang dapat disaksikan dari rumah dengan mata telanjang. Lima planet di Tata Surya kita bisa dilihat sekaligus,” ujar peneliti Profesor Beth Biller dari Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Skotlandia.

Meski ada lima planet yang bakal sejajar, nantinya kita bakal melihat Venus dan Jupiter sebagai planet yang paling mudah dilihat tatkala fenomena tersebut berlangsung. Venus bisa kamu lihat di Cakrawala sekitar pukul 04.00 waktu Inggris. Sementara itu, Mars dan Jupiter bisa dilihat pukul 02.45 waktu Inggris.

Saturnus sudah bisa dilihat di atas cakrawala pada pukul 01.30 waktu Inggris. Sementara itu, Merkurius yang baru terbit pada 04.30 waktu Inggris.

Fenomena 5 planet sejajar terjadi sekali dalam 20 tahun. (Tribunnews)
Fenomena 5 planet sejajar terjadi sekali dalam 20 tahun. (Tribunnews)

Untuk bisa melihatnya, pastikan kalau cuaca langit cerah tanpa ada awan yang menutup serta nggak ada polusi cahaya yang membuat bintang-bintang nggak lagi terlihat. Meski sebenarnya bisa dilihat dengan mata telanjang, kamu sebaiknya memakai teleskop agar bisa melihat konfigurasi planet-planet yang sejajar ini dengan lebih jelas. Diperkirakan, fenomena alam langka ini sudah bisa kamu lihat pada 24 Juni 2022 pukul 04.45 WIB, Millens.

“Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat,” ungkap peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, Rabu (22/6).

Lantas, apa benar fenomena alam ini berbahaya bagi manusia? Para ilmuwan sih memastikan kalau hal ini sama sekali nggak berbahaya bagi Bumi dan mahluk hidup di dalamnya. Justru, kamu bisa menikmati fenomena langka ini, lo.

Jadi, sudah siap nggak melihat fenomena 5 planet sejajar Jumat besok, Millens? (Oke,Pik,Ayo/IB09/E05)