Fakta Terbaru Kapal Selam KRI Nanggala 402, TNI Optimistis Bisa Menemukannya

Fakta Terbaru Kapal Selam KRI Nanggala 402, TNI Optimistis Bisa Menemukannya
Pencarian KRI Nanggala 402 terus dilakukan. (Liputan6 - Handout/Indonesian Military/AFP)

Terdapat sejumlah fakta terkait dengan hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402 yang sedang dicari aparat TNI. Berikut adalah fakta-fakta tersebut.

Inibaru.id – Hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402 di Perairan sejak Rabu (21/4/2021) masih jadi perbincangan hangat masyarakat. Ada yang menyebut kapal selam tersebut telah ditemukan. Namun, TNI meluruskannya dan menyebut kabar tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

Menurut keterangan Biro Humas Kementerian Pertahanan, KRI Nanggala 402 hilang kontak sejak pukul 03:00 WIB dini hari usai meminta izin menyelam. Nah, berikut adalah sejumlah fakta terbaru mengenai kapal selam ini.

1.       Terdeteksi Pergerakan di Bawah Laut, Namun Belum Bisa Dipastikan Kapal Selam

Beberapa saat lalu, muncul kabar yang menyebutkan KRI Nanggala 402 telah ditemukan. Hal ini disebabkan oleh adanya laporan bahwa telah terdeteksi pergerakan di bawah laut oleh KRI Raden Eddy Martadinata 331.

Meski begitu, Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad mengaku jika penemuan ini belum bisa dipastikan berasal dari pergerakan kapal selam. Hal ini disebabkan oleh pergerakannya yang hanya 2,5 knot kemudian hilang begitu saja.

“Jadi, saya tegaskan kembali berita yang disampaikan sudah ditemukan 21 jam itu sebenarnya belum bisa digunakan sebagai dasar,” tegas Achmad, Kamis (22/4/).

2.       Di Dalam Kapal Selam Ada Tabung Oksigen

Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono memastikan bahwa di dalam kapal selam terdapat tabung oksigen yang bisa dipakai oleh para awak kapal. Namun, dia nggak merinci seberapa banyak jumlahnya.

Selain itu, operasional kapal selam ternyata memakai tenaga baterai. Belum jelas apakah baterai masih cukup banyak atau nggak. Kalau memang cukup besar, bisa jadi kapal selam mampu bertahan hingga berhari-hari.

Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 dilakukan dengan maksimal. (Antara/Syaiful Arif)
Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 dilakukan dengan maksimal. (Antara/Syaiful Arif)

3.       Sejumlah Armada Dikerahkan untuk Pencarian

Setidaknya, terdapat 5 KRI serta 1 helikopter yang diterjunkan demi mencari KRI Nanggala 402. Salah satunya adalah KRI RIgel 933 yang sudah berpengalaman mencari bangkai pesawat Sriwijaya Air.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga turun langsung memantau proses pencarian kapal selam ini. Dia berada di KRI Soeharso bersama dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

4.       TNI Optimistis Kapal Bisa Ditemukan

Mayjen TNI Achmad RIad mengaku optimistis kapal selam KRI Nanggala 402 bakal ditemukan.

“Kita optimislah, dalam arti kata kita sudah kerahkan semua sumber daya yang ada, peralatan ada. Indonesia juga punya peralatan tersebut,” jelas Achmad.

5.       Crisis Center Telah Dibuka

TNI langsung sigap membuka Crisis Center di dua lokasi, yakni Banyuwangi dan Surabaya, tepatnya di Markas Komando Armada II Surabaya serta Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi. Di posko-posko ini, sudah ada peralatan penyelamatan. Diharapkan, jika awak kapal selam ditemukan, bisa segera mendapatkan penyelamatan yang tepat.

Wah, semoga saja kapal selam KRI Nanggala 402 bisa segera ditemukan dan awak-awak kapalnya bisa selamat, ya Millens? (Det/IB09/E05)