Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Apa Maknanya?

Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Apa Maknanya?
Facebook ganti nama jadi Meta. (Twitter.com/VB_Abishek)

Akhirnya, secara resmi Facebook ganti nama jadi Meta. Apa ya makna dan filosofi dari nama ini? Selain itu, apakah bakal ada perubahan pada media sosial Facebook?

Inibaru.id – Akhirnya, desas-desus terkait Facebook ganti nama berakhir sudah. Nama baru yang dipilih perusahaan ini adalah Meta. Nah, kira-kira, apa sih makna dari penggantian nama ini?

Kalau menurut pendiri Facebook Mark Zuckerberg sih ya, Meta berasal dari Bahasa Yunani. Artinya adalah ‘beyond’ yang bisa disebut sebagai melampaui. Meta ini juga berasal dari Metaverse yang memiliki visi berupa dunia maya baru yang jauh lebih canggih dari kondisi dunia maya sekarang.

Dia mengakui kalau Facebook telah menjadi jenama ikonik media sosial. Hanya, Facebook kini sudah jauh lebih besar dari sekadar media sosial hingga nama ini nggak lagi relevan untuk menjadi perusahaan Metaverse. Kamu tahu sendiri kan, anak perusahaan Facebook juga nggak main-main dan sangat populer seperti Instagram dan Whatsapp.

Ada sejumlah perubahan yang mengiringi pergantian nama Facebook jadi Meta. Salah satunya adalah berubahnya logo perusahaan dari yang hanya gambar ‘Likes’ alias ‘Jempol ke atas’ menjadi ‘The Blue Infinity’. Yang menarik, Zuckerberg sendiri sudah mengubah jabatannya sebagai ‘Pendiri dan CEO Meta’ di halaman Facebook resminya.

Lantas, seperti apa nantinya yang dilakukan Meta? Jadi, ternyata Zuckerberg nantinya bakal memulai sejumlah produk besar. Namun, hal ini juga mendapatkan kritik banyak pihak mengingat ada sejumlah isu kebocoran data oleh mantan karyawan Facebook yang dikenal dengan skandal ‘Facebook Paper’.

Mark Zuckerberg ingin Meta melakukan inovasi-inovasi teknologi lebih besar. (Flickr/ The Crunchies!/John Adams)
Mark Zuckerberg ingin Meta melakukan inovasi-inovasi teknologi lebih besar. (Flickr/ The Crunchies!/John Adams)

Hal lain yang mendapatkan sorotan para ahli teknologi di dunia adalah tingginya misinformasi alias hoaks di Facebook, gagalnya moderasi konten di media sosial tersebut, hingga masalah efek buruk terhadap kesehatan mental para pengguna media sosial ini.

“Saya akui bahwa ada masalah penting yang harus diselesaikan saat ini,” ujar Zuckerberg, Kamis (28/10/2021) waktu setempat.

Ada Perubahan di Media Sosial Facebook

Facebook, dalam hal ini sebagai media sosial, juga sedang menjajaki sejumlah perubahan. Sebagai contoh, sudah ada video konsep yang bakal membuat pengguna bisa mengirim gambar holografis yang bisa hadir di tempat lain. Selain itu, nantinya fitur Messenger juga bisa dilakukan lewat virtual reality (VR).

Bahkan, Facebook nantinya juga bakal mengakomodasi pasar virtual di Oculus Quest. Di sini, bakal ada obrolan dan gim di dunia virtual, juga.

“Kami berbeda dari perusahaan lain karena semua orang mencoba untuk bekerja pada bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi. Sementara kami membangun teknologi yang membuat orang dapat berinteraksi satu sama lain,” terang Zuckerberg terkait dengan perubahan nama perusahaannya.

Hm, jadi penasaran ya Millens, nantinya seperti apa inovasi-inovasi yang ditawarkan oleh Meta. Selain itu, kira-kira bakal ada perubahan apa yang membuat Facebook sebagai media sosial bakal jadi lebih menarik, ya? (Cnn/IB09/E05)