BerandaHits
Senin, 23 Jan 2023 19:27

Empat Pedoman untuk Pencari Kerja di 2023

Empat Pedoman untuk Pencari Kerja di 2023

Ilustrasi mencari kerja. (via Hipwee)

Tahun yang baru pengin dapat pekerjaan baru? Perhatikan yuk pedoman berikut ini!

Inibaru.id – Tahun sudah berganti, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan, sekarang merupakan momen yang tepat untuk mewujudkannya. Pada 2023 ini banyak perusahaan yang mungkin membuka kesempatan baru karena baru saja merancang anggaran untuk mengisi posisi tertentu.

Nah, buat kamu yang sedang mencoba peruntungan di bursa kerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Manfaatkan jejaring sosial

Ada banyak platform untuk membangun koneksi dengan para profesional di bidangnya. Salah satunya Linkedln.

Coba deh temukan orang-orang yang berprofesi sebagai HRD atau talent search untuk mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan. Bangun profil yang sesuai dengan kemampuan serta pengalaman kamu dan jalinlah koneksi.

Perhatikan peluang kerja di skala lokal atau nasional

Nggak masalah jika kamu membangun karir dari perusahaan startup. (iStockphoto/Fizkes via CNN)
Nggak masalah jika kamu membangun karir dari perusahaan startup. (iStockphoto/Fizkes via CNN)

Di 2023 ini, sepertinya kamu seharusnya bersikap lebih fleksibel dan nggak bisa ngotot dalam mempertimbangkan industri apa yang sedang kamu bidik. Jangan pasang standar ketinggian dulu kalau mau bekerja di perusahaan tertentu. Apalagi kalau kamu itu fresh graduate.

O ya, nggak masalah kok jika kamu memilih startup atau perusahaan rintisan untuk membangun karir. Yang dibutuhkan di sini adalah kegigihan.

Asah skill baru

Kamu harus paham jika semakin hari persaingan semakin ketat. Karena itu, skill yang kamu miliki bisa menjadi nilai jual untuk menggaet perekrut. Ketika telah diterima pun ada baiknya untuk menambah skill baru. Secara tidak langsung, dengan mengikuti banyak pelatihan kamu juga dapat memperluas jaringan di dunia profesional.

Jangan mudah menyerah

Mencari pekerjaan yang pas memang bukan hal mudah. Tapi, kamu nggak boleh menyerah begitu saja. Coba sibukkan dirimu dengan memperbaiki CV, resume, dan portofolio. Jika semua sudah keren, coba latih kemampuanmu berbicara di depan orang lain.

Selain itu, coba tampilkan sisi percaya dirimu sehingga selalu diselimuti mood yang baik juga. Semoga beberapa tips tadi bermanfaat. (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved