Duh, Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Ada Apa?

Duh, Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Ada Apa?
Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. ( Instagram/@badminton.ina)

Bukannya ikut di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, PBSI justru memastikan tim bulu tangkis Indonesia mundur dari turnamen ini. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Kabar mengejutkan datang dari tim bulu tangkis Indonesia yang mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Padahal, turnamen yang juga dikenal dengan BWF World Championship 2021 ini termasuk bergengsi. Ada apa?

Kejuaraan ini dijadwalkan berlangsung di Huelva, Spanyol, pada 12 sampai 19 Desember 2021 nanti. Di ajang yang diadakan akhir tahun ini, atlet-atlet kelas atas akan bertanding. Sayangnya, pemain-pemain kita harus absen.

Keputusan mengejutkan ini diambil langsung oleh Ketua Umum PB PBSI Agung Firman Sampurna. Dia nggak asal ambil keputusan karena sudah berdiskusi dengan jajaran pengurus, pelatih, hingga dari Kabid Binpres.

Alasan nggak ambil bagian di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 ini disebabkan oleh sedang merebaknya Covid-19 varian Omicron di banyak negara, termasuk Eropa. Pihak PBSI nggak ingin para atlet tertular.

“Keputusan menarik diri tim bulu tangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna,” ujar Ketua Harian PB PBSI Alex Tirta.

Sejumlah perwakilan Indonesia batal tampil di Huelva, Spanyol. (Fin.co.id)
Sejumlah perwakilan Indonesia batal tampil di Huelva, Spanyol. (Fin.co.id)

Hal serupa diungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PB PBSI Rionny Mainaky. Dia nggak ingin para pemain berisiko terpapar varian baru Covid-19 Omicron saat bertanding di Spanyol nanti. Apalagi, varian virus ini dikenal menyebar dengan sangat cepat sehingga membutuhkan perubahan protokol kesehatan, Millens.

“Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju,” ungkap Rionny.

13 Wakil Indonesia Batal Tampil

Setidaknya, 13 wakil Indonesia yang seharusnya bertanding di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 mau nggak mau harus memendam keinginan untuk meraih gelar juara. Mereka adalah perwakilan dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Dari ganda putri, ada Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan.

Dari ganda putra yang sedang panas-panasnya adalah pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alvian/Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Sementara itu, dari ganda putri ada pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Perwakilan ganda campuran Indonesia seharusnya adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitra Haningtyas Mentari, serta Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Meski nggak ambil bagian di Kejuaraan Dunia 2021, PBSI memastikan para atlet ini akan tetap berlatih untuk mengikuti sejumlah turnamen yang bakal digelar usai tahun baru 2022, Millens. (Cnn/IB09/E05)