inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Di Balik Kenyamanan Mandi dengan Air Hangat
Sabtu, 17 Des 2022 20:40
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Mandi air hangat terlalu sering memicu beberapa gangguan kesehatan. (homemhoespelho via Lampost)

Mandi air hangat terlalu sering memicu beberapa gangguan kesehatan. (homemhoespelho via Lampost)

Jangan dikira mandi dengan air hangat cuma memberi efek menenangkan ya. Nyatanya ada juga bahaya yang mengintai kamu yang hobi berendam atau mandi dengan air hangat terlalu sering.

Inibaru.id – Biasanya orang bakal memilih mandi dengan air hangat ketika cuaca dingin. Meski nyaman di badan karena otot relaks, ternyata mandi air hangat menyimpan bahaya yang mesti diwaspadai.

Jadi begini, air hangat bekerja dengan mengaktifkan saraf parasimpatis yang memicu rasa lelah. Ada pula beberapa risiko yang harus ditanggung jika terlalu sering mandi air hangat. Berikut ini beberapa risiko mandi dengan air hangat.

1. Memperburuk jerawat

Buat kamu yang bermasalah dengan jerawat, ternyata sebaiknya nggak mandi dengan air hangat. Dikutip The Sun, seorang dokter asal Amerika Serikat (AS), Farzan mengatakan, air panas atau hangat berpotensi merusak kulit dan memperparah kondisi jerawat. Duh!

Jadi, minyak alami dan bakteri sehat pada kulit bisa hilang karena air panas. Padahal, bakteri sehat berperan dalam menjaga kelembapan kulit. Bukan cuma itu, bakteri baik bisa menghindarkan kulit dari kotoran dan bakteri nggak sehat.

Pokoknya, jika bakteri sehat hilang kulit kamu jadi lebih gampang berjerawat. Nggak mau kan jerawat di mukamu tambah ramai?

2. Bikin kulit kering dan sensitif

Bahaya mandi air hangat lain juga diungkap dr Farzan, Millens. Disebutkan, kulit bisa kering dan sensitif. Ini terjadi lantaran minyak alami kulit hilang. Nah, kalau nggak mau mengalaminya sebaiknya kamu nggak lama-lama mandinya. Gunakan juga krim pelembap dengan bahan dasar air.

3. Memperlambat pertumbuhan rambut

pori-pori kulit kepala bisa terbuka sehingga rambut dapat rontok dengan mudah. (Shutterstock/Nalada N via Kompas)
pori-pori kulit kepala bisa terbuka sehingga rambut dapat rontok dengan mudah. (Shutterstock/Nalada N via Kompas)

Masih kata dr Farzan, orang yang mandi dengan air hangat berisiko mengalami kerusakan rambut. Sebabnya, aliran darah bisa melambat padahal di saat yang sama kulit kepala memerlukan sirkulasi yang baik untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Nggak cuma itu, mandi air panas hingga beruap juga bisa bikin rambut jadi lebih rapuh dan rentan patah. Ujung-ujungnya, rambut mengalami kerontokan. Air hangat dapat membuat pori-pori rambut terbuka sehingga akar rambut lemah.⁸

4. Memicu eksim serta kondisi kesehatan lainnya

Mengutip Healthline, suhu yang lebih tinggi bisa bikin kulit lebih mudah mengering dan memperburuk kondisinya seperti eksim pada kulit.

5. Bikin gatal

Mandir air panas dapat memicu rasa gatal. Suhu panas bisa menyebabkan sel mast melepaskan histamin di kulit hingga menyebabkan gatal.

6. Meningkatkan tekanan darah

Kalau kamu memiliki masalah tekanan darah atau penyakit kardiovaskular sebaiknya nggak mandi dengan air hangat. Pasalnya, air hangat bisa memperburuk kondisi tersebut.

Wah, ternyata banyak juga ya bahaya mandi air hangat? Karena itu, jangan terlalu sering mandi atau berendam dengan air hangat ya, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved