BerandaHits
Minggu, 10 Jul 2022 18:52

Cara Menyimpan Daging agar Awet dan Empuk

Cara Menyimpan Daging agar Awet dan Empuk

Ilustrasi menyimpan daging kurban. (via Tribunnews)

Dapat daging kurban lebih dari satu bungkus tapi nggak bisa langsung mengolahnya? Mending disimpan deh buat lain waktu dengan tips berikut ini!

Inibaru.id - Terkadang, orang bisa mendapat lebih dari satu bungkus daging kurban. Jika nggak mungkin mengolahnya sekaligus, tentu kamu harus menyimpannya. Masalahnya, menyimpan daging agar tetap awet dan empuk memerlukan beberapa langkah penting.

Penyimpanan yang baik dan benar diperlukan agar kualitas daging tetap optimal dan nggak gampang basi. Berikut cara menyimpan daging kurban yang jitu agar tetap empuk, segar, dan tahan lama.

1. Jangan mencuci daging kurban

Hingga kini, masih banyak masyarakat yang mencuci daging kurban dengan harapan dapat membersihkan sisa kotoran. Langkah ini jelas nggak tepat. Daging bisa bertambah kandungan airnya. Akibatnya, daging bakal alot ketika hendak diolah nanti. Kamu juga perlu waktu lebih lama untuk mencairkannya.

Cara paling tepat untuk membersihkan daging adalah dengan kain kering atau tisu dapur.

2. Potong daging kecil-kecil

Ada baiknya, potong daging menjadi bagian yang lebih kecil sebelum disimpan. Keuntungannya, waktu pencairan menjadi lebih singkat. Pertumbuhan bakteri juga dapat ditekan sehingga daging tetap berkualitas.

Selain itu, dengan memotong daging kecil-kecil juga bakal mempermudah kamu ketika hendak mengolahnya menjadi gulai dan tongseng.

3. Simpan daging ke dalam wadah kedap udara

Tempatkan daging dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam mesin pendingin. (Tangkapan layar youtube Bisnis Ibu rumah Tangga via Gorajuara)
Tempatkan daging dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam mesin pendingin. (Tangkapan layar youtube Bisnis Ibu rumah Tangga via Gorajuara)

Jangan langsung memasukkan daging ke dalam kulkas tanpa wadah tersendiri. Ini penting agar freezer dan semua bahan di dalamnya nggak bau daging. Menempatkan daging dalam wadah tersendiri juga menjaga kualitas daging.

4. Tunggu beberapa saat sebelum memasukkan ke freezer

Ahli pengelolaan produk ternak Fakultas Peternakan UGM, Panjono, Ph.D. mengatakan, memasukkan daging langsung ke dalam freezer akan mempengaruhi serat-serat daging sehingga menjadikannya alot.

Karena itu, agar pendinginan daging dapat berjalan perlahan, simpan daging di dalam kulkas terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum kamu membekukannya ke dalam freezer.

5. Lakukan hal yang sama jika ingin mengeluarkan daging beku

Sebelum mengeluarkan daging dari freezer untuk diolah, sebaiknya biarkan dulu beberapa saat di dalam chiller. Hal ini penting agar perubahan suhu yang terjadi nggak mendadak.

Perubahan suhu mendadak pada daging bakal memengaruhi struktur daging dan mengurangi kualitasnya. Setelah beberapa jam di bagian rak kulkas, maka daging dapat didiamkan dengan suhu ruangan untuk selanjutnya diolah.

Itulah cara menyimpan daging kurban agar tetap empuk dan tahan lama, Millens. Semoga bermanfaat! (Sua/IB21/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved