Bener Nggak Sih, Minum Soda di Bulan Puasa Bisa Bikin Sembelit?

Bener Nggak Sih, Minum Soda di Bulan Puasa Bisa Bikin Sembelit?
Minum soda di bulan puasa bikin sembelit? (Flickr/ reggie35)

Minuman soda memang segar kalau diminum saat berbuka puasa. Tapi, apa benar kalau minum soda di bulan puasa bisa bikin sembelit? Yuk simak faktanya!

Inibaru.id – Orang Indonesia termasuk gemar minum soda. Bagi sebagian orang, soda terasa menyegarkan, terutama saat dingin. Membayangkan soda dingin sebagai minuman berbuka puasa rasanya sungguh nikmat. Tapi ada yang bilang jika meminumnya ketika puasa bisa bikin sembelit. Benar nggak sih?

Sembelit alias susah buang air besar memang jadi salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di bulan puasa. Ada banyak alasan yang memicu hal ini. Kurangnya asupan cairan seharian, hingga pola makan kurang serat menjadi penyebab paling umum. Soda juga disebut dapat menyebabkannya. Tapi hal ini kurang tepat.

Saat berbuka puasa, perut sedang dalam kondisi kosong selama belasan jam tanpa asupan makanan apapun. Kalau kamu minum minuman bersoda, maka kandungan gelembung karbondioksida di dalamnya akan membuat saluran pencernaanmu jadi dipenuhi udara. Alhasil, saluran pencernaan aan kaget dan akhirnya memicu masalah kesehatan.

Yang bakal kamu alami adalah sensasi panas pada dada dan perut, asam pada mulut, sering bersendawa, hingga sakit perut. Kita mengenalnya sebagai kenaikan asam lambung atau GERD. Jika sampai hal ini terjadi, kamu akan mengalami sensasi mual. Padahal, saat berbuka kamu seharusnya makan demi menghilangkan rasa lapar usai nggak makan seharian. Pasti rasanya nggak karuan, kan, Millens?

Minum soda kurang baik bagi kesehatan. (Flickr/

Gabriela Pinto)
Minum soda kurang baik bagi kesehatan. (Flickr/ Gabriela Pinto)

Soda Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan Jika Dikonsumsi Berlebihan

Nggak hanya menyebabkan kenaikan asam lambung, soda juga bisa membuat kadar gula darah meningkat drastis. Kalau kamu sering mengalami hal ini, risikonya bisa menyebabkan diabetes, lo. Tahu sendiri kan betapa berbahayanya penyakit ini?

Selain itu, sering mengonsumsi minuman bersoda juga bisa membuat gigi jadi rapuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam sitrat di dalamnya yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang bisa membuat enamel gigi rapuh. Kalau sampai hal ini terjadi, gigi kamu bisa berlubang, lo

Melihat fakta ini, ada baiknya memang kita nggak minum minuman bersoda saat berbuka puasa. Akan jauh lebih baik jika kita meminum air putih yang lebih sehat. Jika mampu, cobalah untuk berhenti mengonsumsinya demi kesehatan. Kalau memang sulit, coba deh membatasi konsumsinya sekaleng saja seminggu.

Minum soda di bulan puasa memang nggak serta merta bikin kamu mengalami sembelit. Pola makan dan caramu memenuhi asupan air putih selama bulan puasalah yang harus diperhatikan agar nggak sampai mengalaminya. Oke, Millens?(Hal/IB09/E05)