Begini Kronologi Penemuan Mayat Dibakar yang Diduga PNS Kota Semarang yang Hilang

Begini Kronologi Penemuan Mayat Dibakar yang Diduga PNS Kota Semarang yang Hilang
Penemuan mayat yang dibakar di Pantai Marina Semarang, diduga jasad PNS Kota Semarang yang hilang. (Voi/Antara)

Warganet digegerkan dengan penemuan mayat dibakar di Pantai Marina, Kota Semarang. Apalagi, ada dugaan kalau mayat tanpa kepala tersebut adalah PNS Kota Semarang yang hilang sejak beberapa hari lalu.

Inibaru.id – Penemuan mayat tanpa kepala yang dibakar di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang bikin geger masyarakat. Apalagi, ada dugaan kalau mayat tersebut adalah Iwan Budi, PNS Kota Semarang yang hilang beberapa saat lalu. Iwan adalah saksi kunci kasus korupsi aset pemerintah kota Semarang.

Sebagaimana dilansir dari Kompas, Jumat (9/9/2022), yang menemukan mayat tersebut adalah seorang operator alat berat buldoser Bernama Slamet. Pada Kamis (8/9), dia sedang melakukan tugasnya membersihkan rumput.

Awalnya, dia hanya menemukan sepeda motor yang sedang terbakar lalu melaporkannya ke mandor PT Family. Karena nggak menemukan hal aneh selain sepeda motor yang terbakar, dia pun melanjutkan pekerjaannya.

“Saya sedang bersihin ilalang, lalu lihat ada motor terbakar dan laporan ke mandor,” ucap Slamet, Jumat (9/9).

Polisi yang mendapatkan laporan tersebut kemudian melakukan pengecekan pada Jumat (9/9/2022). Saat itulah, mereka menemukan jasad tanpa kepala yang terbakar nggak jauh dari sepeda motor tersebut.

Dari Tempat Kejadian Perkara, Tim Inafis Polrestabes menemukan laptop, pisau, ponsel, Monogram PNS dengan nama Iwan Budi Paulus yang juga sudah terbakar. Temuan inilah yang kemudian membuat polisi menduga kalau mayat tersebut adalah Iwan Budi yang dalam beberapa hari terakhir dicari-cari karena menghilang.

Tes DNA Masih Dilakukan untuk Mengungkap Identitas Mayat

Iwan Budi, PNS Kota Semarang yang menghilang karena menjadi saksi kasus korupsi aset Kota Semarang. (Trenggalekpedia.pikiran-rakyat.com)
Iwan Budi, PNS Kota Semarang yang menghilang karena menjadi saksi kasus korupsi aset Kota Semarang. (Trenggalekpedia.pikiran-rakyat.com)

Terkait dengan benar tidaknya mayat tanpa kepala yang ditemukan dalam kondisi terbakar di Pantai Marina adalah Iwan, Ditreskrimum mengaku masih melakukan tes DNA. Hasil dari tes DNA mayat tersebut sedang dicocokkan dengan hasil tes DNA anak laki-laki Iwan.

Selain itu, pengecekan forensik juga dilakukan untuk mengetahui apakah korban dibakar dalam kondisi hidup atau sudah meninggal.

“Hasil forensik tersebut mungkin baru keluar satu atau dua hari ke depan, “ ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani Rahadrjo Puro, sebagaimana dilansir dari Liputan6, Jumat (9/9).

Omong-omong, Iwan Budi terakhir kali terlihat pada Rabu (24/8/2022). Pada hari tersebut, dia masih terekam di CCTV Traffic Light AKPOL Kota Semarang. Hilangnya Iwan diduga akibat statusnya sebagai saksi kunci kasus korupsi penyelewengan aset Pemkot Kota Semarang. Dia menghilang persis sehari sebelum dimintai keterangan oleh Ditreskrimsus Polda Jateng.

“Kami (rencananya) baru memanggil Iwan pada Kamis (25/8),” ucap Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagyo sebelum kasus penemuan mayat ini terungkap.

Kalau memang benar mayat tersebut adalah Iwan Budi, kasusnya jadi sangat menyeramkan, ya, Millens. (Arie Widodo/E05)