Bawang Putih Diletakkan di Lubang Hidung Bisa Mengeluarkan Lendir Paru-paru, Beneran?

Bawang Putih Diletakkan di Lubang Hidung Bisa Mengeluarkan Lendir Paru-paru, Beneran?
Bawang putih diklaim bisa menghilangkan lendir dari paru-paru. (Flickr/ Alan Levine)

Belakangan ini viral video yang menunjukkan orang-orang memasukkan bawang putih ke lubang hidung. Kabarnya, tips ini bisa mengeluarkan lendir paru-paru. Beneran manjur nggak sih?

Inibaru.id – Ada banyak sekali tips-tips yang beredar di media sosial terkait dengan penanganan atau pencegahan Covid-19. Hanya, tips-tips ini belum tentu tepat secara medis. Yang terbaru adalah tips yang menyebut bawang putih yang diletakkan di lubang hidung bisa mengeluarkan cairan dari paru-paru. Beneran manjur nggak, sih?

Tips ini berupa video yang diunggah oleh akun Facebook milik Mirawati. Video ini kemudian mulai viral sejak Sabu (17/7/2021). Dari percakapan yang terdengar di video tersebut, terdengar ada orang yang menyebut bawang putih, salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan saat memasak mampu mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Paru-paru tidak bisa memompa dan memasukkan oksigen karena dipenuhi cairan lendir yang kental sehingga sulit untuk bekerja,” ucap orang tersebut di dalam video.

Nah, narasi yang diungkap dalam video ini adalah bawang putih bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan mengambil dua siung bawang putih dan dimasukkan ke dalam hidung selama 15 sampai 20 menit. Hal ini bakal membuat mata perih dan mengeluarkan air mata.

Meski lumayan menyiksa, air mata yang keluar karena rasa perih ini dianggap bisa membersihkan kotoran pada mata. Nah, usai 15 sampai 20 menit, bawang tinggal dikeluarkan dari lubang hidung dan nantinya akan banyak lendir yang keluar dari paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tips ini bisa dilakukan 2 jam sekali.

Ternyata, pakar kesehatan menyebut bawang putih nggak bisa mengeluarkan lendir dari paru-paru. (Flickr/

JMacPherson)
Ternyata, pakar kesehatan menyebut bawang putih nggak bisa mengeluarkan lendir dari paru-paru. (Flickr/ JMacPherson)

Meski terlihat meyakinkan, pakar kesehatan Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebut tips ini sebagai hoaks. Hingga saat ini, belum ada bukti klinis atau penelitian yang membuktikan tips tersebut manjur mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Meski di video terlihat ada lendir yang ikut keluar saat bawang putih dikeluarkan dari lubang hidung, sebenarnya lendir itu beasal dari saluran pernapasan bagian atas alias rongga hidung saja. Jadi, kalau lendir itu diklaim dari paru-paru, hal itu nggak benar karena jaraknya terlalu jauh.

Yang jadi masalah, dr Ari justru menyebut tips memasukkan bawang ke dalam lubang hidung bisa jadi akan memberikan efek buruk berupa infeksi atau iritasi pada lubang hidung. Hal ini tentu akan membuat organ tubuh tersebut jadi terasa nggak nyaman.

Nah, lantas, apakah nggak ada cara untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru? Kalau menurut dr Andi Khomeini Takdir SpPD yang merupakan spesialis penyakit dalam, ada caranya, tapi dengan metode medis tersendiri di fasilitas kesehatan dengan peralatan lengkap.

Hm, kamu jangan ikut-ikutan memasukkan bawang putih ke hidung ya, Millens? (Kom/IB09/E05)