Banyak Diburu, Inilah Mitos dan Fakta Tanaman Adam Hawa Ungu

Banyak Diburu, Inilah Mitos dan Fakta Tanaman Adam Hawa Ungu
Tamanan Adam Hawa Ungu. (iStock/Getty Image)

Jenuh lihat tanaman di taman hijau semua? Coba deh kamu lirik tanaman yang satu ini. Namanya tanaman adam hawa ungu. Seperti namanya, warna daun Purple Heart ini ungu. Eits, tanaman unik ini juga dikelilingi mitos yang membuatnya makin diburu.

Inibaru.id - Terkadang, orang memelihara tanaman karena faktor keunikannya. Sama seperti tanaman adam hawa ungu ini, Millens. Banyak yang kepincut dengan warna ungunya yang menarik. Memang ada pula jenis adam hawa berdaun hijau, tapi yang berwarna ungu inilah yang banyak mencuri perhatian.

Jika yang hijau bernama Latin Rhoeo Discolor, Adam Hawa Ungu ini memiliki nama latin Tradescantia Pallida. Dalam bahasa Inggris, adam hawa ungu disebut Purple Heart. Yuk, kenalan dengan tanaman unik ini.

Fakta Tanaman Adam Hawa Ungu

Ciri, Bentuk, dan Warna

Tanaman Adam Hawa Ungu akan tumbuh menjalar di atas tanah ketika sudah besar. Batangnya mengandung banyak air dan daunnya agak tajam. Panjang daun bisa mecapai 7 hingga 12 sentimeter sementara lebarnya 2.5 sentimeter serta tinggi tanaman 30-45 sentimeter.

Kamu bisa melihat warna ungu pada bagian bawah daun dengan sedikit bayang-bayang merah muda. Tanaman ini termasuk dalam famili Commelinaceae yang secara umum dikenal sebagai spider lily. Adam hawa ungu berasal dari Meksiko Timur. Tapi tanaman ini juga ditemukan di daerah Amerika Selatan, terutama Florida.

Tanaman ini juga dilengkapi dengan bunga berwarna pink keunguan yang mekar pada pagi hari di antara helai daun. Kamu bisa menanam tanaman ini biar taman di halaman lebih berwarna.

Mitos Tanaman Adam Hawa Ungu

Dalam sebuah pesan di sosial media beberapa waktu lalu, tanaman adam hawa ungu ini dikatakan dapat menangkal radikal bebas dan penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati adalah bronkitis, diare, anemia, nyeri sendi, mencegah tumor, menghentikan pendarahan luka, sumber antioksidan, dan membersihkan paru-paru. Wah, banyak banget ya?

Nggak sedikit orang yang percaya dengan klaim ini dan berbondong-bondong mencari tanaman ini. Tingginya minat juga turut membuat harga tanaman ini naik. Namun, kamu sebaiknya jangan langsung percaya karena belum ada uji klinis yang membuktikan khasiatnya. Begitu kata Ketua Umum Pergizi Pangan Prof dr Hardinsyah, Millens.

Dia nggak yakin mengenai klaim tanaman tersebut yang bisa mengobati berbagai penyakit serta berfungsi sebagai antioksidan. Meskipun jika dipandang dari kacamata herbal, biasanya tanaman yang berwarna hijau kemerahan bisa berfungsi menangkal radikal bebas. Tapi, karena belum ada uji klinis, sebaiknya kamu nggak ikut-ikutan mengonsumsinya ya.

Cara Menanam Adam Hawa Ungu

Tanaman ini bisa ditaman pada pot atau polybag. (SetiawanAP) 
Tanaman ini bisa ditaman pada pot atau polybag. (SetiawanAP) 

Walaupun khasiatnya  belum terbukti, tapi nggak ada salahnya kok kalau kamu menanamnya di rumah sebagai tanaman hias. Menanam Adam Hawa Ungu juga nggak sulit. Kamu cukup mengembangbiakkannya melalui stek batang. Kamu bisa meletakkannya di halaman luar karena tanaman semi tropikal ini menyukai cahaya matahari. O ya, daun tanaman akan makin mencolok jika paparan sinar matahari cukup didapat.

Apa pun jenis tanah yang kamu miliki, tanaman ini akan tubuh dengan baik. Tapi, alangkah baiknya jika tanah ini memiliki pH 5,6-7,5.

Kalau kamu pengin menanam Tradescantia pallida, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, tanaman ini memiliki karakter tumbuh baik pada tanah berpasir dan berbatu koral. Selain dapat dikembangbiakkan dengan stek batang, tanaman ini juga bisa diperbanyak dengan pemisahan anakan.

Suhu yang tepat untuk tanaman ini yaitu antara 20- 23 derajat Celcius. Pertumbuhan adam hawa ungu juga akan semakin optimal dengan penyinaran sedang dan kelembaban yang tinggi.

Tips Merawat Adam Hawa Ungu

Tradescantia pallida bisa tumbuh dengan baik asalkan disiram dan dipupuk secara teratur. Sinar matahari juga penting agar daun cerah. Warna ungu pada daun diakibatkan adanya pigmen antosianin. Pigmen ini biasanya juga digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Kamu juga bisa memperbanyak tanaman ini dengan mudah. Pertumbuhan dan perkembangan adam hawa ungu termasuk cepat. Kamu bisa meletakkannya pada pot, polybag, atau langsung menanamnya pada tanah.

Gimana, mau menambah tanaman adam hawa ungu ini untuk melengkapi tamanmu, Millens? (Plant,pop,lip/IB21/E03)