BerandaHits
Rabu, 11 Jan 2023 14:05

Awet Berminggu-minggu, Ini Trik Menyimpan Bawang Agar Nggak Cepat Busuk

Awet Berminggu-minggu, Ini Trik Menyimpan Bawang Agar Nggak Cepat Busuk

Perlu trik khusus untuk menyimpan bawang agar lebih tahan lama. (Medcom)

Seringkali bawang dibeli dalam jumlah yang cukup banyak. Nah, agar persediaan bawang nggak cepat busuk, berikut adalah trik-trik untuk menyimpannya.

Inibaru.id - Bisa dikatakan, bawang selalu dipakai orang Indonesia untuk memasak setiap hari. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat aroma dan cita rasa masakan jadi lebih mantap.

Saking sukanya orang Indonesia memakai bawang, stok bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay di dapur pasti melimpah. Masalahnya, stok yang melimpah ini juga bisa menjadi masalah tersendiri. Apalagi jika bawang-bawang tersebut kemudian cepat membusuk.

Kalau sampai bawang busuk, tentu tidak lagi bisa dipakai untuk memasak, bukan? Oleh karena itulah, kamu harus tahu cara menyimpan bawang dengan benar agar hal ini nggak sampai terjadi.

Nah, agar stok bawang di rumahmu nggak cepat busuk, simak trik-trik berikut ini, ya!

Simpan Bawang Sesuai Jenisnya di Wadah yang Berbeda

Trik pertama yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay di wadah yang berbeda. Pasalnya, setiap jenis bawang mengeluarkan jenis gas sensitif yang berbeda. Gas inilah yang bisa mempengaruhi proses pembusukan. Jika dicampur, bisa jadi gas yang keluar dari salah satu jenis bawang justru membuat bawang lainnya lebih cepat membusuk.

Jadi, pastikan kamu menempatkan bawang di tiga wadah yang berbeda sesuai jenisnya, ya!

Letakkan Bawang di Tempat Kering dan Terbuka

Bawang sebaiknya disimpan di tempat kering. (Medcom/Alltreatment)
Bawang sebaiknya disimpan di tempat kering. (Medcom/Alltreatment)

Jika kamu ingin menyimpan bawang yang masih utuh dan belum dikupas, simpanlah dalam wadah kering dan terbuka di suhu ruang. Hal ini bisa menjaga kondisi bawang tetap baik dalam waktu yang lama.

Bawang Merah Utuh Jangan Disimpan di Kulkas

Bawang merah utuh harus disimpan dalam keadaan benar-benar kering. Pasalnya, bawang merah sangat sensitif dengan lingkungan basah dan lembap. Kamu juga bisa menjemur bawang merah di bawah sinar matahari sebentar sebelum disimpan demi memastikannya tetap kering. Simpanlah dalam wadah atau keranjang dengan pori-pori besar agar sirkulasi udaranya baik.

Jauhkan Wadah Bawang dari Buah-buahan

Bawang ternyata sebaiknya dijauhkan dari buah-buahan. Soalnya, buah-buahan mengeluarkan gas etilen dengan kadar kelembapan tinggi yang bisa mempercepat pembusukan bawang.

Bawang yang Sudah Dikupas Bisa Disimpan di Kulkas

Berbeda dengan bawang utuh yang perlu disimpan di tempat kering, bawang yang sudah dikupas harus disimpan di dalam kulkas agar lebih awet. Setelah dicuci bersih, bawang kupas bisa kok kamu masukkan ke dalam wadah tertutup rapat yang disimpan di dalam kulkas.

Untuk Bawang Cincang, Beda Cara Penyimpanan

Kalau kamu mau menyimpan bawang putih cincang, ada baiknya menambahkan minyak sayur ke dalam wadah. Trik ini bisa membuat bawang jadi lebih awet.

Jika yang sudah dikupas atau dicacah adalah bawang merah, simpan saja ke dalam wadah tertutup rapat. Setelah itu, wadah tersebut bisa kamu masukkan ke dalam freezer.

Dengan melakukan trik-trik di atas, bawang di rumah bakal jadi lebih awet. Kamu pun nggak perlu khawatir bawang yang sudah kamu beli dalam jumlah banyak mudah membusuk, deh. (Rizki Arganingsih/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved