BerandaHits
Senin, 30 Jan 2023 07:40

Alasan Semua Lampu Rem Kendaraan di Dunia Berwarna Merah

Alasan Semua Lampu Rem Kendaraan di Dunia Berwarna Merah

Semua lampu rem kendaraan berwarna merah. (Auto2000)

Apa pun jenis kendaraan, baik itu motor atau mobil, selalu dilengkapi dengan lampu rem berwarna merah. Kira-kira kenapa ya?

Inibaru.id – Pernahkah kamu mengamati ketika kendaraan sedang direm, lampu yang menyala berwarna merah? Hm, kenapa ya semua jenis kendaraan selalu dilengkapi dengan lampu rem berwarna merah?

Ternyata, ada alasan mengapa warna ini dipilih. Merangkum dari berbagai sumber melalui Medcom, pemilihan warna merah sudah menjadi kesepakatan internasional yang ditetapkan pada konvensi lalu lintas di Vienna tahun 1949 silam. Kesepakatan ini masih berlaku hingga sekarang.

Bukan cuma itu, pemerintah Indonesia juga telah mengatur lampu rem warna merah dalam Peraturan Pemerintah no. 55 Tahun 2012 Pasal 23 mengacu pada UU no.22 Tahun 2009 Pasal 48 Ayat 3 mengenai sistem lampu dan pemantul cahaya.

Di dalam undang-undang tersebut, tertera pengaturan mengenai lampu rem. Itu sebabnya jika ada pengendara yang ketahuan mengganti warna lampu rem bisa dikenakan sanksi dan denda.

Bunyi peraturan tersebut; "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)."

Gelombang spektrum ideal

Jangan coba-coba mengganti warna lampu rem karena bisa fatal. (via Pojoksatu)
Jangan coba-coba mengganti warna lampu rem karena bisa fatal. (via Pojoksatu)

Nah, kenapa ya merah dipilih sebagai warna lampu rem? Jadi, warna merah memiliki gelombang spektrum paling ideal dibanding warna lainnya.

Sebagai informasi, gelombang spektrum warna merah sekitar 620-750 nm dan frekuensi 400–484 THz, artinya warna tersebut mudah ditangkap oleh mata manusia normal. Ukuran ini sangat penting karena begitu rem diinjak, warna merah lampu bakal langsung bisa ditangkap mata. Bayangkan jika sedikit lambat seperti warna lain, pasti berbahaya banget.

Lalu, apa itu spektrum warna? Spektrum warna merupakan rentang atau pengelompokan gelombang cahaya pada frekuensi dan panjang gelombang tertentu yang dapat dilihat oleh mata manusia. Spektrum ini juga dimiliki warna lain seperti oranye (jingga), kuning, hijau, biru, dan ungu.

Masuk akal ya jika warna merah ini dipilih sebagai tanda lampu rem. Lagi pula jika memilih warna putih, bisa jadi pengendara di belakangmu bakal silau sehingga rawan kecelakaan.

Etapi, sudahkah kamu rutin memeriksa kondisi lampu rem kendaraan? Jangan sampai nggak nyala ya. Bisa bahaya! (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved