inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
5 Cara Ini Bisa Menambah Berat Badan
Minggu, 12 Mar 2023 17:00
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Ilustrasi kurus. (via Liputan6)

Ilustrasi kurus. (via Liputan6)

Terlalu gemuk itu nggak baik, terlalu kurus juga demikian. Kalau kamu merasa terlalu kurus, 5 cara berikut kiranya dapat membantu menambah berat badan.

Inibaru.id - Beberapa orang mungkin berjuang keras untuk menurunkan berat badan karena obesitas, tapi beberapa lainnya justru pengin menambah berat badannya karena terlalu kurus.

Ada banyak faktor yang bikin seseorang memiliki berat badan yang kurang, termasuk sembuh dari penyakit atau faktor usia. Selain itu, faktor genetika dan metabolisme tubuh juga dapat memainkan peran penting.

Jika kamu pengin menambah berat badan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan menukil Mayo Clinic.

 1. Cobalah makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil

Kamu dapat makan 5 hingga 6 kali sehari atau makan rutin 3 kali sehari dengan camilan di antara waktu makan. Pastikan kamu memilih makanan yang kaya nutrisi dan menetapkan jam makan rutin meskipun kamu sebenarnya nggak terlalu lapar.

2. Pastikan kamu memilih makanan dengan banyak nutrisi

Pilih makanan bernutrisi. (iStock)
Pilih makanan bernutrisi. (iStock)

Makanan termasuk lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun seharusnya kamu konsumsi secara rutin. Tapi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan ahli diet mengenai berapa banyak kalori yang kamu butuhkan setiap hari atau setiap kali makan. Cara ini bisa membantumu mendapatkan keseimbangan gizi yang baik dan memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan.

3. Pilih diet yang kaya protein dan karbohidrat

Protein dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Konsumsi asupan makanan yang kaya protein akan membuat perbedaan besar pada berat badan kamu. Telur, daging, ikan, dan polong-polongan adalah sumber protein yang baik. kamu juga bisa memilih tahu, yogurt, dan kentang sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk diet.

4. Lakukan olahraga

Olahraga seperti angkat beban dapat menambah massa otot dan meningkatkan berat badan secara sehat. Studi menunjukkan bahwa melakukan 3-5 kali latihan beban per minggu dapat menghasilkan kenaikan berat badan yang signifikan.

5. Minum susu

Asal kamu tahu, susu merupakan minuman yang direkomendasikan untuk menambah berat badan. Susu adalah sumber keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik. O ya, susu juga merupakan sumber kalsium yang baik serta sumber vitamin dan mineral.

Cobalah minum satu atau dua gelas susu murni sebagai camilan, setelah makan, atau sebelum dan sesudah berolahraga. Susu merupakan sumber protein yang sangat baik untuk menyediakan protein kasen dan whey yang dapat menambah massa otot apalagi saat dikombinasikan dengan angkat beban.

Kamu harus tahu bahwa tubuh yang terlalu kurus karena kekurangan nutrisi bisa membuat sistem imun turun. Akibatnya, kamu lebih rentan terkena penyakit.

Jadi, terlalu kurus nggak melulu soal percaya diri atau nggak ya. Ada kok orang yang kurus banget tapi pede-pede saja. Betul nggak? (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved