Persiapan Ramadan 2021; Pasien Covid-19 Sebaiknya Berpuasa atau Tidak, ya?

Persiapan Ramadan 2021; Pasien Covid-19 Sebaiknya Berpuasa atau Tidak, ya?
Pasien Covid-19 boleh berpuasa atau tidak? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Beberapa orang kadang tampak baik-baik saja kendati tengah diserang virus corona. Nah, menjelang Ramadan, pasien Covid-19 sebaiknya berpuasa atau tidak?

Inibaru.id – Road to Ramadan 2021 sudah di depan mata. Bagi sebagian besar umat Islam, bulan suci yang dilalui dengan berpuasa ini bakal dipersiapkan dengan saksama. Nah, untuk pasien Covid-19, mereka sebaiknya berpuasa atau tidak?

Perlu kamu tahu, untuk umat Muslim, berpuasa selama Ramadan adalah kewajiban. Namun, kondisi kesehatan pasien Covid-19 yang nggak bisa diprediksi bisa jadi bakal berakibat buruk bagi mereka, bahkan berpotensi mengganggu pengobatan.

Maka, boleh atau tidak seorang pasien Covid-19 berpuasa selama Ramadan yang tahun ini jatuh pada 13 April 2021 sangat bergantung pada kondisi tubuh atau pengobatan seperti apa yang mereka jalani.

Misalnya, pasien Covid-19 berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dengan gejala yang cukup berat seperti demam tinggi atau sesak napas tentu disarankan untuk nggak berpuasa. Kalau memaksakan diri, bisa-bisa pasien akan mengalami dehidrasi lantaran harus berpuasa seharian.

Menunda makan dan minum seharian memang berpotensi membuat kondisi tubuh pasien memburuk. Lebih dari itu, dalam penyembuhan terkadang pasien Covid-19 diinfus, tentu nggak bisa berpuasa. Sejumlah pakar menyebut infus dianggap bisa membatalkan puasa.

Boleh Berpuasa, Asal…

Ilustrasi: Ada sejumlah peryaratan yang harus dipenuhi pasien Covid-19 agar bisa berpuasa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Ada sejumlah peryaratan yang harus dipenuhi pasien Covid-19 agar bisa berpuasa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nggak semua pasien Covid-19 nggak boleh berpuasa. Pasien berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dengan gejala kesehatan yang ringan seperti batuk dan pilek ringan tetap bisa menjalankan puasa.

Dalam sejumlah kasus, beberapa pengidap Covid-19 memang memiliki imunitas tubuh yang bagus. Jadi, meski ada virus corona di dalam tubuhnya, kondisinya tetap prima. Besar kemungkinan orang seperti ini nggak akan mengalami masalah apa pun saat berpuasa.

Oya, pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) juga boleh berpuasa dengan alasan yang sama, yakni memiliki sistem imun yang masih kuat. Meski begitu, ada baiknya kamu, yang sudah dipastikan positif Covid-19, berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait kondisi kesehatanmu.

Kalau memang diperbolehkan untuk berpuasa, pastikan kamu menjaga gaya hidup sehat, misalnya tidur cukup, mengonsumsi makanan bergizi, memenuhi asupan cairan harian, serta nggak lupa untuk tetap bergerak dan menikmati sinar matahari pagi. (Alo/IB09/E03)