Meski Aturannya Dilonggarkan, 5 Kelompok Ini Tetap Wajib Pakai Masker di Ruang Terbuka

Meski Aturannya Dilonggarkan, 5 Kelompok Ini Tetap Wajib Pakai Masker di Ruang Terbuka
Meski ada aturan pelonggaran penggunaan masker, ada yang tetap harus wajib memakainya di ruang terbuka. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mulai hari ini, Rabu (18/5/2022), masyarakat boleh nggak pakai masker di ruangan terbuka. Tapi, ada 5 kelompok yang tetap harus memakainya demi kesehatan. Siapa saja mereka?

Inibaru.id – Kamu pernah iri dengan negara lain yang telah menghapus pemakaian masker dari protokol kesehatan? Setelah dua tahun penuh nggak bisa jauh dari selembar masker, hari ini akhirnya tiba juga.

Kemarin, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelonggaran aturan penggunaan masker di ruang terbuka mulai hari ini, Rabu (18/5/2022). Keputusan ini didasari oleh semakin membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker,” jelas Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5) sore.

Meski begitu, kalau kamu sedang berada di ruangan tertutup seperti transportasi publik, sebaiknya tetap memakai masker karena sirkulasi udaranya nggak sebagus di ruang terbuka.

Selain itu, ada lo kelompok orang yang masih wajib pakai masker meski berada di ruang terbuka. Hal ini diungkap oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

“Populasi rentan dan orang yang sedang dalam kondisi tidak fit, tetap disarankan memakai masker. Untuk mencegah peluang tertular dengan lebih baik,” ungkapnya, Selasa (17/5).

Nah, berikut adalah daftar orang yang tetap diwajibkan memakainya di ruang terbuka, Millens.

Kini, kamu bisa melepas masker di tempat terbuka. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kini, kamu bisa melepas masker di tempat terbuka. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

1.       Orang-orang dengan Komorbid atau Penyakit Bawaan

Orang dengan penyakit bawaan atau komorbid yang rentan mengalami gejala parah jika terpapar Covid-19 sebaiknya tetap memakai masker di tempat umum.

O ya, yang dimaksud dengan komorbid adalah penyakit kanker, penyakit paru kronis, penyakit ginjal, diabetes tipe 1 serta tipe 2, hingga sederet penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2.       Orang dengan Masalah Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam dunia medis, penyakit autoimun adalah masalah yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh. Nah, orang dengan kondisi ini rentan mengalami gejala parah jika sampai terinfeksi Covid-19 sehingga sebaiknya tetap memakai masker meski di ruangan terbuka.

3.       Orang dengan Masalah Obesitas

Pengidap masalah obesitas atau kelebihan berat badan juga sebaiknya tetap memakai masker karena mereka rentan terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala parah.

4.       Sedang Sakit

Meski hanya penyakit ringan seperti masuk angin, flu, pilek, atau batuk ringan, sebaiknya tetap memakai masker ya agar nggak menularkan ke orang lain.

5.       Para Lansia

Orang dengan usia lebih dari 60 tahun sebaiknya tetap memakai masker di tempat umum atau ruangan terbuka karena sistem kekebalan tubuhnya lebih rendah dari orang dewasa sehat.

Kalau kamu, bakal tetap memakai masker nggak kalau di luar ruangan nanti, Millens? (Cnn/IB09/E05)