Lestari Moerdijat: Pemerintah dan Masyarakat Harus Berkolaborasi Agar Zona Merah Nggak Makin Bertambah

Lestari Moerdijat: Pemerintah dan Masyarakat Harus Berkolaborasi Agar Zona Merah Nggak Makin Bertambah
Zona merah Covid-19 di Indonesia semakin meluas, angka penularan pun semakin masif. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyoroti semakin meluasnya zona merah Covid-19 di Indonesia. Perempuan yang akrab dipanggil Rerie ini ingin masyarakat dan pemerintah berkolaborasi demi mencegah penularan semakin parah.

Inibaru.id – Belakangan ini kasus Covid-19 kembali meningkat dengan tajam di Indonesia. Hal ini membuat banyak pihak khawatir. Apalagi, program vaksinasi di Indonesia masih belum bisa dilakukan dengan cepat.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat ikut menanggapi peningkatan drastis jumlah zona merah di Tanah Air. Dia pun meminta pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan lebih ketat. Selain itu, pemangku kepentingan juga diharapkan mulai menerapkan kebijakan dengan lebih baik.

“Sinergi pemangku kepentingan dan masyarakat dalam menghadapi ledakan kasus positif Covid-19 di Tanah Air harus diwujudkan agar ancaman kolaps sistem pelayanan kesehatan bisa dihindari,” ujar perempuan yang akrab disapa Rerie dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/6/2021).

Rerie juga menyoroti peningkatan angka positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir yang sangat pesat. Zona merah di sejumlah provinsi pun semakin meluas hanya dalam waktu yang singkat. Rerie pun menyebut tingkat penularan virus Corona di Indonesia sangat tinggi.

Sementara itu, dalam sebuah webinar, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkap tingkat kepatuhan warga Ibu Kota dalam memakai masker sangatlah memprihatinkan, yakni hanya 25 persen. Padahal, pada akhir 2020 lalu, tingkat kepatuhannya mencapai 70 persen.

Lestari Moerdijat ingin semua pihak berkolaborasi demi mengatasi peningkatan kembali angka positif Covid-19 di Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Lestari Moerdijat ingin semua pihak berkolaborasi demi mengatasi peningkatan kembali angka positif Covid-19 di Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Rerie pun menanggapi hal ini dengan meminta partisipasi publik melakukan langkah-langkah pencegahan sekaligus penanggulangan dengan cepat. Apalagi, sebelumnya sebagian masyarakat masih melanggar larangan mudik dan pembatasan arus balik pada Libur Lebaran 2021 lalu. Hal inilah yang ditengarai ikut memicu peningkatan zona merah di Indonesia.

Pakar epidemiologi sudah mewanti-wanti pemerintah untuk segera mengendalikan virus Corona. Jika nggak, hanya dua minggu atau satu bulan ke depan, fasilitas kesehatan Indonesia bakal kolaps.

Rerie pun kembali mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan cara rajin memakai masker di luar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, serta menghindari kerumunan. Jika ada kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan penularan virus Corona bisa dikendalikan dengan lebih baik.

Setuju nggak nih dengan Mbak Rerie, Millens?(IB09/E05)