Layanan Tes GeNose KAI di Stasiun Semarang Belum Tersedia, Sampai Kapan? 

Layanan Tes GeNose KAI di Stasiun Semarang Belum Tersedia, Sampai Kapan? 
Calon penumpang beraktivitas di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (4/2/2021). Stasiun ini belum memiliki jatah penggunaan tes GeNose sebagai layanan pengecekan Covid-19. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Tes GeNose untuk mendeteksi Covid-19 telah tersedia di stasiun bagi penumpang KA jarak jauh. Baru tersedia di sejumlah stasiun, PT KAI Daop 4 Semarang memastikan bahwa stasiun-stasiun di wilayahnya untuk saat ini belum menyediakan layanan tersebut. Lalu, kapan?

Inibaru.id – Para penumpang yang akan naik kereta di wilayah kerja PT KAI Daop 4 Semarang hingga kini belum bisa menggunakan fasilitas tes GeNose untuk layanan pengecekan Covid-19. Hal ini sebagaimana disampaikan Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro.

"Layanan sudah tersedia, tapi Daop (IV) Semarang belum bisa. Belum ada kepastian kapan akan tersedia," terangnya.

Perlu kamu tahu, GeNose merupakan layanan pendeteksi Covid-19 yang dikembangkan oleh UGM Yogyakarta. Mulai Jumat (5/2/2021), layanan deteksi virus melalui embusan napas ini bisa dinikmati penumpang KA jarak jauh dengan tarif Rp 20 ribu.

"Layanan ini baru tersedia di beberapa wilayah," kata dia.

GeNose diyakini sebagai alat pendeteksi yang akurat dengan harga yang cukup terjangkau dibanding tes rapid antigen di stasiun yang dibanderol sebesar Rp 105 ribu per orang.

Saat ini, baru empat stasiun yang menyediakan GeNose, yakni Stasiun Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Tugu Yogyakarta, dan Stasiun Solo Balapan.

"Semula hanya dua, yaitu di Stasiun Senen dan Stasiun Yogyakarta. Namun, sekarang sudah bertambah dua lagi, ada di Gambir dan Solo Balapan," papar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, di Stasiun Pasar Senen, Jumat (5/2). (Triawanda Tirta Aditya/E03)

Calon penumpang beraktivitas di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (4/2/2021). Belum ada kepastian kapan KAI Daop 4 Semarang bisa menyediakan layanan tes GeNose. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)