Dogiyai di Papua, Satu-satunya Daerah Aman Covid-19 di Indonesia

Dogiyai di Papua, Satu-satunya Daerah Aman Covid-19 di Indonesia
Ada satu wilayah di Indonesia yang masih aman dari Covid-19, yakni Kabupaten Dogiyai di Papua. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hanya tinggal satu daerah aman Covid-19 di Indonesia. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Dogiyai di Provinsi Papua. Seperti apa ya kondisi di sana?

Inibaru.id – Sejak Maret 2020, Indonesia mengalami pandemi Covid-19. Hingga sekarang, pandemi ini belum bisa dikendalikan. Hampir seluruh daerah di Indonesia mengalami masalah yang sama dalam menangani masalah ini. Satu-satunya daerah aman Covid-19 di Indonesia hanya ada di Provinsi Papua.

Kamu tahu nggak, berdasarkan update terakhir pada Kamis (6/5/2021). Hanya tinggal 9 kabupaten/kota di Indonesia yang masih berstatus zona hijau Covid-19. Itupun zona hijau nggak benar-benar berarti bahwa daerah tersebut terbebas dari pandemi ini.

Jadi gini, Millens, zona hijau masih dibagi menjadi dua kategori, yakni zona hijau tanpa kasus dan zona hijau tak terdampak. Di zona hijau tanpa kasus, bukan berarti aman dari Covid-19, melainkan hanya nggak ada kasus Covid-19. Dulunya, di daerah-daerah ini bisa jadi pernah ada kasus.

Nah, wilayah yang masuk kategori ini adalah Nias Barat, Nias Timur, Nias Selatan (Sumatera Utara), Pulau Taliabu (Maluku Utara), Seram Timur (Maluku), Yahukimo dan Memberamo Raya (Papua), serta Pegunungan Arfak di Papua Barat.

Kalau daerah yang ada di zona hijau tak terdampak, bisa dipastikan benar-benar aman dari Covid-19. Daerah ini tinggal satu di Indonesia, Millens, tepatnya di Kabupaten Dogiyai yang ada di Provinsi Papua.

Kalau kamu masih nggak akrab dengan nama kabupaten ini, bisa dimengerti karena memang usianya belum lama. Jadi, Kabupaten Dogiyai adalah pemekaran dari Kabupaten Nabire apda 2008 lalu. Pusat pemerintahannya ada di Kigamani, Distrik Kamu.

Luas wilayah Kabupaten Dogiyai lebih dari 4.237 km persegi. Kalau penduduknya sih berdasarkan sensus pada 2018 ada lebih dari 96 ribu jiwa.

Kondisi Kabupaten Dogiyai di Papua. (Suarapapua)
Kondisi Kabupaten Dogiyai di Papua. (Suarapapua)

Topografi Kabupaten Dogiyai lumayan bervariasi dari dataran yang bergelombang. Bukit-bukit dan perbukitan mendominasi wilayah ini. Setidaknya, 85 persen wilayah kabupaten ini adalah bukit-bukit dan pegunungan yang dipenuhi dengan hutan-hutan yang masih perawan.

Menariknya, pada September 2020 lalu, ada lima distrik di Kabupten Dogiyai yang ingin berpisah dari wilayah ini. Mereka menginginkan pemekaran dan membentuk kabupaten baru bernama Mapiha. Distrik-distrik tersebut adalah Mapia, Mapia Tengah, Mapia Barat, Sukikai Selatan, serta Piyaiye.

Daftar Zona Merah Wilayah Paling Berisiko Tinggi Penularan Covid-19 di Indonesia

Beda dengan Dogiyai yang cenderung aman dari Covid-19, ada sejumlah wilayah dengan risiko penularan Covid-19 tertinggi di Indonesia berdasarkan situs Covid-19.go,id. Berikut adalah wilayah-wilayah tersebut.

-          Deli Serdang (Sumatera Utara).

-          Ogan Komering Ulu Timur, Kota Palembang, Kota Prabumilih (Sumatera Selatan).

-          Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kampar (Riau).

-          Barito TImur, Palangkaraya (Kalimatan Tengah).

-          Semarang, Salatiga (Jawa Tengah).

-          Bandung Barat, Kota Tasikmalaya (Jawa Barat).

-          Buleleng (Bali).

Pasti tenang ya, Millens kalau tinggal di satu-satunya wilayah di Indonesia yang aman Covid-19. Kalau wilayahmu sendiri gimana, nih? (Cov,Kum/IB09/E05)