BerandaAdventurial
Rabu, 9 Nov 2022 13:18

Yuk, Bersiap ke Desa Kemuning Karanganyar untuk Menonton Festival Balon!

Yuk, Bersiap ke Desa Kemuning Karanganyar untuk Menonton Festival Balon!

Pertunjukkan balon terbang di Kemuning Karanganyar akan sama dengan acara yang ada di Wonosobo (AFP/Oka Hamied)

Desa Kemuning Karanganyar bakal menggelar festival balon udara pada Sabtu-Minggu (19-20/11/2022). Saat datang ke sana, kamu juga bisa melipir ke beberapa tempat wisata lainnya. Jadi, yuk kita bersiap!

Inibaru.id - Mau melihat bagaimana hari ulang tahun (HUT) sebuah desa dirayakan dengan begitu meriah dan seru? Coba datang saja ke Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar pada Sabtu dan Minggu, tanggal 19-20 November 2022 nanti. Di sana bakal digelar festival balon udara sebagai puncak kemeriahan acara peringatan ulang tahun Desa Kemuning yang ke-55.

Menurut ketua panitia acara tersebut, Eko Wuryanto, festival balon sedianya bakal dilaksanakan Sabtu-Minggu (5-6/11). Namun, karena pada hari tersebut ada acara besar komunitas trail di Kemuning, maka festival balon udara ditangguhkan menjadi 19-20 November.

Eko menyampaikan dalam penyelenggaraan festival tersebut, pihaknya bekerja sama dengan komunitas balon udara asal Kabupaten Wonosobo. Pertunjukkan yang diperkirakan bakal menyedot banyak penonton itu baru kali pertama digelar di wilayah Desa Kemuning.

“Balon-balon yang digunakan merupakan balon yang ada pada acara serupa di Wonosobo,” kata Eko.

Selain menonton festival balon udara, kamu bisa datang ke tempat wisata lain di Desa Kemuning. (Desakemuning/Smartvillagenusantara)
Selain menonton festival balon udara, kamu bisa datang ke tempat wisata lain di Desa Kemuning. (Desakemuning/Smartvillagenusantara)

Kamu penasaran ingin datang melihat festival ini nggak, Millens? Jika iya, datang saja ke Lapangan Kemuning pada 19-20 November 2022 pukul 06.00-09.00 WIB.

“Hanya tiga jam saja setiap harinya. Hari pertama ada 10-12 balon yang diterbangkan. Hari kedua ada 20-25 balon,” terang Eko, dilansir dari Tribun Jateng, Selasa (8/11).

Nantinya, balon udara bakal diterbangkan dengan ketinggian 15 meter dari permukaan tanah. Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa acara itu hanya sekadar festival dan nggak ada penilaian layaknya sebuah kontes atau kejuaraan. So, bisa kamu bayangkan nantinya langit Desa Kemuning bakal dipenuhi balon besar warna-warni yang indah kan, Millens?

Acara Menarik Lainnya

Kebun teh merupakan salah satu potensi alam dan wisata yang ada di Desa Wisata Kemuning. (Tribunsolo/Chrysnha Pradipha)
Kebun teh merupakan salah satu potensi alam dan wisata yang ada di Desa Wisata Kemuning. (Tribunsolo/Chrysnha Pradipha)

Kalau datang ke sana, nggak cuma festival balon saja yang bisa kamu lihat. Dalam rangka merayakan HUT Desa Kemuning ke-55 dan Kabupaten Karanganyar ke-105, panitia juga telah mempersiapkan serangkaian acara, antara lain festival sambal tumpang dan festival teh.

Untuk bisa menikmati kemeriahan yang ada di Desa Kemuning, kamu nggak perlu mempersiapkan dana yang banyak, kok. Tiket masuk acara tersebut cukup terjangkau yaitu Rp5.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk parkir kendaraan.

Nah, karena sudah berada di Desa Kemuning, kamu jangan lupa untuk mengitari beberapa destinasi wisata lainnya yang ada di situ, ya! Misalkan saja Kebun Teh Kemuning, Kalipucung River Tubing, berpetualang naik jip, dan Taman Satwa Kemuning.

FYI, bersama dengan Desa Pangandaran, Jawa Barat, pada tahun 2021 Desa Kemuning meraih penghargaan sebagai desa wisata terbaik kategori digital pada ajang BCA Desa Wisata Award 2021 yang nggak lepas dari program Smart Vilage Nusantara (SVN).

Jadi, datang ke Desa Kemuning menonton festival balon udara nggak akan ada ruginya kan? Karena kamu bisa mengunjungi banyak tempat-tempat yang indah, Millens. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved