inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Segarnya Main Air di Kedung Winong Tembalang Kota Semarang
Minggu, 19 Mei 2024 16:38
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Wisata Kedung Winong Tembalang, Kota Semarang. (Google User/Muhammad Busro)

Wisata Kedung Winong Tembalang, Kota Semarang. (Google User/Muhammad Busro)

Siapa bilang Kota Semarang nggak ada wisata alam? Kalau kamu datang ke Kedung Winong Tembalang, bakal menemui lokasi wisata air yang masih asri dan segar, lo. Seperti apa sih tempat ini?

Inibaru.id – Karena termasuk dalam salah satu kota terbesar di Indonesia, banyak orang yang berpikir jika Kota Semarang nggak punya wisata alam yang cantik. Padahal, hal itu nggak benar, lo. Soalnya, di kawasan pinggiran, ada banyak tempat wisata alam yang menarik. Salah satu di antaranya adalah Kedung Winong Tembalang.

Lokasinya ada di Jalan Kedungwinong, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang. Dari kompleks kampus Universitas Diponegoro (Undip), jaraknya hanya 4 kilometer, tepatnya nggak jauh dari Kompleks Perumahan Bukit Kencana Jaya setelah turunan Sigar Bencah. Kalau dari Simpang 5, jaraknya adalah 11,5 kilometer ke arah tenggara, Millens.

Karena ada embel-embel kedung, bisa dipastikan jika di lokasi ini kamu bisa berwisata air. Realitanya, di Kedung Winong Tembalang, kamu bakal menemui sungai yang masih jernih dan asri yang bisa kamu jadikan tempat berenang, bermain air, atau sekadar bersantai di tepi sungai menikmati pemandangan.

Di Kedung Winong, aliran sungai dibendung sehingga berbentuk seperti kolam dengan kedalaman kurang lebih satu meter. Lantaran nggak begitu dalam, anak-anak pun bisa bermain dengan aman di sana. Aliran airnya juga cenderung tenang sehingga nggak akan bikin hanyut, Millens.

Kalau kamu bawa anak kecil, nggak usah khawatir. Di sana juga ada persewaan ban yang bisa dipakai sebagai pelampung. Asalkan diawasi dengan baik, anak bisa main dengan aman dan tenang dengan pelampung tersebut, deh.

Warga setempat menikmati wisata Kedung Winong Tembalang. (Radarsemarang/Adennyar Wycaksono)
Warga setempat menikmati wisata Kedung Winong Tembalang. (Radarsemarang/Adennyar Wycaksono)

Kalau kamu nggak pengin nyebur, bisa juga kok hanya mencelupkan kaki ke dalam air. Kamu juga bisa melakukannya sembari menikmati makanan atau minuman yang bisa kamu beli di empat pelaku UMKM yang didirikan di situ.

“Airnya masih jernih, alami, dan dingin. Jadi rasanya segar. Suasananya juga masih asri dan sejuk. Kalau capek main air, bisa ngopi atau makan gorengan di gazebo yang sudah disediakan,” ungkap salah seorang pengunjung Putri Indah.

Menurut warga RW 7 Bulusan yang mengelola tempat wisata ini, Kedung Winong memang dijadikan objek wisata berkat peran serta swadaya masyarakat setempat. Tapi, sejauh ini warga memilih untuk nggak mengenakan tiket masuk bagi pengunjung. Artinya, kamu bisa main air di sana secara gratis.

“Yang kita tawarkan di sini wisata air dan juga makanan atau minuman seperti rujak, pecel, gorengan, kopi, dan lain-lain. Ke depannya kita bakal melakukan penataan lagi. Semoga saja nantinya bisa menambah spot selfie,” ungkap Ketua RW 7 Fathurrahman sebagaimana dilansir dari Radarsemarang, Kamis (16/5/2024).

O ya, kalau kamu pengin ke Kedung Winong Tembalang, pastikan nggak datang pas hari Senin karena pada hari itu, lokasi ini tutup. Sementara itu, pada Jumat, Kedung Winong baru buka pukul 12.30 WIB. Nah, di hari lain, kamu bisa datang ke sana mulai pukul 09.00 WIB, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved