inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Menghabiskan Akhir Pekan di Taman Badegolan Kebumen
Sabtu, 11 Nov 2023 19:18
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Taman Badegolan di Kebumen. (Z Creators/Rahmat Wibowo)

Taman Badegolan di Kebumen. (Z Creators/Rahmat Wibowo)

Bingung menghabiskan akhir pekan ke mana? Datang saja ke Taman Badegolan yang ada sisi Kebumen dari Waduk Wadaslintang. Di sana, kamu bisa melihat pemandangan sungai yang cantik, lo.

Inibaru.id – Sedang di Kebumen, Jawa Tengah, pada akhir pekan ini? Kalau bingung mau jalan-jalan ke mana, kami punya rekomendasi nih. Kamu bisa lo jalan-jalan ke Taman Badegolan.

Jangan kira taman ini berukuran kecil dan ada di kawasan perkotaan ya? Taman ini masuk dalam area Waduk Wadaslintang. Kalau dari Alun-Alun Pancasila Kebumen, jaraknya sekitar 21 kilometer. Karena berada di kawasan waduk yang jauh dari permukiman padat penduduk, taman ini pun menawarkan keindahan alam yang masih asri, deh.

Taman Badegolan masuk dalam wilayah Desa Wisata Sendangdalem, Kecamatan Padureso yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo. Meski Waduk Wadaslintang sudah masuk dalam wilayah wilayah Wonosobo, bagian taman tersebut sudah masuk dalam wilayah Kebumen, Millens.

“Persis di dinding bawah waduk itu sudah masuk area Kebumen. Nah, area taman ini dipenuhi rerumputan hijau, pepohonan karsen. Ada juga mainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit,” ucap pengelola Desa Wisata Sendangdalem Ita Irna sebagaimana dilansir dari Kompas, Sabtu (2/12/2022).

Selain taman yang asri, kamu juga bisa menikmati aliran Kali Badegolan yang berasal dari waduk yang difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sejak kali pertama dibuka pada 1988 tersebut. Aliran airnya cukup deras sehingga membuatnya seperti memiliki kabut tipis di atas sungai.

Pengunjung menikmati keindahan aliran sungai di Taman Badegolan. (Googleuser/Windu Dolandolan)
Pengunjung menikmati keindahan aliran sungai di Taman Badegolan. (Googleuser/Windu Dolandolan)

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Taman Badegolan, cukup siapkan uang tiket Rp5 ribu per orang. Selain itu, pastikan untuk datang di jam bukanya, yaitu pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB, ya? O ya, kalau datang pas akhir pekan, jangan heran kalau taman tersebut cukup ramai.

“Sejak viral di medsos pada pertengahan November 2022, di sini selalu ramai pada akhir pekan. Kalau Sabtu atau Minggu bisa didatangi 500-an orang,” lanjut Ita.

Satu hal yang pasti, kamu dilarang nyemplung ke dalam Kali Badegolan meski kamu jago berenang. Alasannya tentu saja karena aliran sungainya yang sangat deras. Selain itu, kalau kamu memilih untuk duduk-duduk di pinggir sungai, juga harus berhati-hati agar nggak sampai terpeleset atau kehilangan barang-barang berharga.

Pastikan untuk membawa gawai yang terisi penuh dayanya, karena di sini, kamu pasti akan sering memotret atau mengambil swafoto. Memang seindah itu pemandangan alamnya, Millens.

Jadi, sudah siap menghabiskan akhir pekan ini di Taman Badegolan? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved