inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Kuroshima, 'Pulau Sapi' Berbentuk Hati di Okinawa Jepang
Senin, 5 Feb 2024 18:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kuroshima, pulau dengan populasi sapi lebih besar dari manusia di Jepang. (Pinterest/Naoki Ohara)

Kuroshima, pulau dengan populasi sapi lebih besar dari manusia di Jepang. (Pinterest/Naoki Ohara)

Sejauh mata memandang, padang rumput hijau membentang. Di situlah Kuroshima, pulau menawan berbentuk hati yang dihuni ribuan sapi.

Inibaru.id – Kalau Aoshima di Jepang dikenal sebagai "pulau kucing" karena ditinggali lebih banyak kucing ketimbang manusia, pulau satu ini justru dihuni lebih banyak sapi daripada manusia. Namanya adalah Pulau Kuroshima, bagian dari Prefektur Okinawa.

Cukup bisa dimengerti kalau ada sebuah pulau dengan populasi kucing lebih besar daripada manusia, mengingat tubuh kucing jauh lebih kecil ketimbang kita. Namun, apa jadinya kalau penghuni mayoritas di sebuah pulau adalah sapi yang berukuran tubuh jauh lebih besar ketimbang manusia?

Kalau kamu penasaran, silakan bertandang ke Pulau Kuroshima, ya! Yang jelas, kendati menjadi "minoritas", warga setempat mengaku baik-baik saja dengan kondisi tersebut, sebab sapi-sapi di sana memang dipelihara sebagai bagian dari mata pencaharian penduduk yang mayoritias adalah peternak.

Dengan luas pulau yang nggak lebih dari 10 kilometer persegi, pada 2022 Kuroshima dihuni lebih dari 2.800 ekor sapi dengan hanya 220 penduduk. Beternak sapi memang jadi penghidupan utama mereka. Dalam sehari, Kuroshima bisa mengirim 100 ekor sapi ke Jepang menggunakan moda laut.

Bersepeda Mengitari Pulau

Di Kuroshima, banyak padang rumput hijau yang cantik. (Chillnn)
Di Kuroshima, banyak padang rumput hijau yang cantik. (Chillnn)

Kuroshima adalah satu dari ratusan pulau di Prefektur Okinawa yang ada di sisi tenggara Negeri Sakura. Pulau berbentuk hati ini terbilang cukup jauh di lepas pantai. Bahkan, kendati masuk wilayah Jepang, lokasi pulau itu justru lebih dekat dengan Taiwan.

Karena lumayan terpencil, lingkungan alam di Kuroshima masih sangat asri. Berada di pulau ini, kamu bakal sering melihat hamparan rumput hijau yang luas lengkap dengan sapi-sapi yang merumput secara bebas. Cara terbaik menikmati pulau itu bisa dilakukan dengan bersepeda.

Sembari bersepeda, kamu bisa menikmati suasana pulau yang tenang dan jalanan yang lengang. Beberapa spot yang bisa kamu kunjungi di tempat ini antara lain mercusuar yang ada di sisi selatan serta Menara Puzumari dan Pantai Nakamoto di sisi barat.

Namun, karena nggak ada bandara di Kuroshima, satu-satunya transportasi menuju pulau ini adalah dengan menaiki kapal feri dari Ishigaki, pulau besar terdekat yang jaraknya pun terbilang masih cukup jauh dari pusat Prefektur Okinawa.

Lumayan butuh perjuangan untuk mencapai Pulau Sapi ini ya, Millens? Namun, hal itu sepadan kok dengan suasana menenangkan yang bakal kamu dapatkan di sini. So, kalau pengin traveling yang agak lain di Jepang, nggak ada salahnya berkunjung ke sini! (Arie Widodo/E03)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved